Minta Perkuat Peran LPM, Forum Koordinasi LPM Audiensi Dengan Dewan

0

Kota Bengkulu, Sinarfakta.com- Dalam rangka menguatkan sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sekaligus penguatan peran LPM dalam proses pembangunan kelurahan, Kepengurusan Forum Koordinasi LPM (FKLPM) Kota Bengkulu periode 2020-2022, Senin pagi (15/03) beraudiensi dengan Dewan.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Indra Sukma Samosir dan ikut dihadiri oleh Anggota DPRD lintas komisi Teuku Zulkarnain Nuzul Se Solihin Een Adnan Ronny PL Tobing Aba Ku dan Ariyono Gumay ini, Ketua FKLPM M Sis Rahman Rahman mengatakan sinergitas antara LPM dengan Pemerintaha Daerah saat ini masih sangat rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan minimnya peran LPM dalam setiap proses perencanaan dan pembangunan kelurahan. Padahal idealnya LPM berperan penting dalam kelurahan sebagai wadah peran aktif masyarakat dalam pengelolaan pembangunan.

Selain itu support anggaran kepada LPM juga dinilai sangat minim. Dari 67 LPM yang terdapat di 67 kelurahan, anggaran terhadap LPM juga berbeda-beda. Hal ini menyebabkan eksistensi LPM pun hampir tidak terdengar.

“Eksistensi lembaga ini harus terus diperkuat melalui berbagai bentuk fasilitasi penguatan” kata M. Sis Rahman.

Sementara itu Indra Sukma mengatakan fungsi LPM terutama di wilayah perkotaan saat ini memang sangat terbatas. Khusus di Kota Bengkulu peran LPM diarahkan pada pengelolaan persampahan. Namun demikian, aparat kelurahan juga harus mendukung keberadaan LPM agar fungsinya benar-benar dapat dilaksanakan.

Lebih lanjut Indra Sukma menuturkan lurah dapat bersinergi dengan LPM sehingga kegunaan dana LPM yang telah dianggarkan dapat dikembalikan untuk penanganan persampahan di wilayahnya.

“Dengan perubahan regulasi memang peran LPM di wilayah perkotaan menjadi sangat terbatas. Namun bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa. Masalah kita di wilayah perkotaan kan biasanya soal penanganan persampahan. Jadi bagaimana peran LPM ini bisa terlaksana dengan mengembalikan dana LPM yang telah dianggarkan untuk pengelolaan persampahan”, ujar Indra Sukma.

Indra Sukma juga berharap ke depan kepengurusan FKLPM Kota Bengkulu ini dapat lebih berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah di setiap tingkatan sehingga dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan serta tujuan pembangunan di Kota Bengkulu. (Adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.