Kunjungan Rombongan Kementeri KKP RI Dalam Kegiatan Focus Group Discussion [FGD] Di Sambut Baik Bupati Kaur

0
Sinarfakta,com- Bupati Kaur H. Lismidianto, SH, MH yang didampingi Wakil Bupati Herlian Mucrim ST menyambut baik kedatangan lawatan rombongan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI pada Selasa,(08/02/2022).
Usai melakukan peninjauan di beberapa lokasi yang merupakan sektor perikanan tangkap dan budidaya udang tambak di Kabupaten Kaur, Koordinator Penasehat Menteri KKP Prof.Rokhmin Dahuri bersama rombongan mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Optimalisasi Sumberdaya Pesisir Kab.Kaur Secara Berkelanjutan dalam mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir Kab.Kaur” di Lantai III pemkab pada hari itu juga.
Dalam Sambutannya, Bupati Kaur H. Lismidianto, SH, MH menjelaskan kepada rombongan kementerian KKP bahwah letak Kabupaten Kaur yang berada di pesisir menjadikan kabupaten wilayah Kaur sangat strategis dalam pengembangan sumber daya kelautan dan pengolaan perikanan

“Dari 15 kecamatan ada 7 kecamatan yang berada di wilayah pesisir, Kabupaten Kaur memiliki nelayan lebih kurang  2615,  dan banyak yang belum memiliki sarana dan prasana alat tangkap ikan yang memadai padahal potensi yang menjanjikan di kabupaten kaur seperti ikan tuna, lobster dan sidat,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala dinas Perikanan Kabupaten Kaur dalam paparannya menyampaikan kabupaten kaur memiliki potensi perikanan yang cukup bagus, diantaranya potensi perikanan  tangkap dan perikanan budidaya/tawar, namun dengan keterbatasan yang ada belum bisa di kelola secara maksimal

“Dengan potensi yang dimiiki tersebut Kabupaten Kaur yang memiliki APBD tidak terlalu tinggi sangat mengharapkan perhatian dari DKP Provinsi dan juga KKP RI,” imbuh Kadis Perikanan.

Koordinator Penasehat Menteri KKP Prof.Rokhmin Dahuri dalam paparannya menyampaikan bawah potensi yang dimilik Kabupaten Kaur sangat bagus dan potensial namun tidak di iringi dengan APBD yang memadai, untuk mewujudkan apa yang diinginkan Pemerintah Daerah dalam membangun wilayah pesisir ada tiga program yang harus dikerjakan, diantaranya pembangunan pelabuhan perikanan yang memadai, melengkapi sarana dan prasara alat tangkap nelayan dan adanya jaminan pasar hasil tangkap nelayan.
“Bila semua bisa di lakukan, potensi perikanan yang kuat dan besar di Kabupaten Kaur benar benar akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir bisa terwujud, tentunya dengan dukungan dari perbagai pihak salah satunya KKP RI “ ujar Prof.Rokhmin Dahuri.(Adv)
Leave A Reply

Your email address will not be published.