Dinkes; Fogging Harus sesuai SoP Tak Bisa Langsung Sebelum Ada Kepastian DBD

0

Bengkulu Sinarfakta, com Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Nurhidayati buka suara mengenai permohonan fogging yang belum terpenuhi untuk masyarakat. Ia menjelaskan, pelaksanaan fogging harus sesuai SOP dan tak bisa langsung sebelum ada kepastian kasus demam berdarah (DBD).

“Sebenarnya fogging itu bukan tak boleh lagi, tetapi saat ini harus sesuai standar operasional prosedurnya (SOP). Jadi, fogging itu dilakukan apabila memang sudah ditemukan kejadian kasus. Nah, kejadian kasus ini pun nanti jika ditemukan harus melalui surveilans terlebih dahulu, kemudian dilihat seberapa sebaran kasusnya,” jelas Nurhidayati, Jumat (25/2/2022).

Karena, apabila melakukan fogging sebelum kasus kejadian bisa menimbulkan bahaya.

“Fogging ini sejatinya bahan yang di foggingkan itu ialah insektisida. Tentunya ini secara analisis lingkungan dan analisis bahaya terhadap makhluk hidup juga tinggi, makanya sebenarnya fogging sebelum kasus itu sudah lama tidak bolehnya, tetapi memang penyadaran terhadap masyarakat kita itu yang mungkin belum tercakup oleh kami,” tambahnya.

Nurhidayati pun menyarankan masyarakat untuk mencegah penyebaran DBD.

“Kami menyarankan kepada masyarakat untuk mencegah demam berdarah yang mungkin kejadian kasusnya meningkat atau memang

sudah ada di lingkungan atau pun belum ada. Mari kita lakukan 3M, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, kemudian membuang air-air yang tergenang, dan lakukanlah pembersihan-pembersihan terhadap halaman dan lingkungan rumah di sekitar warga, sehingga kasus jentik yang ada itu juga akan berkurang,” jelasnya.

Ke depan, agar kasus DBD tak meningkat, Dinkes akan terus mengencarkan sosialisasi kepada masyarakat dan memfokuskan pencegahan DBD di lingkungan masyarakat.

“Sebenarnya bukan kita menolak fogging, tetapi itu tadi bahaya terhadap fogging ini yang kita nilai. Apakah dampak sebelum kejadian ini akan lebih bermanfaat kita fogging dibandingkan dengan efek negatifnya. Sehingga pemerintah mengeluarkan aturan saat ini tidak ada lagi fogging sebelum kejadian. Yang harus kita lakukan ialah benar-benar menjaga kebersihan lingkungan, bergotong-royong baik di lingkungan RT, RW, maupun Kelurahan sehingga DBD nya bisa kita hindari,” tuturnya.

Apabila dinilai menghawatirkan, Nurhidayati meminta masyarakat untuk mendatangi Puskesmas terdekat terkait penanganannya.

Intinya, pihak Dinkes akan melakukan surveilans terlebih dahulu sebelum melakukan fogging.

“Kalau di surveilans kita, itu ada karakteristik yang harus di survei. Apabila misalkan ada kejadian 1 atau 2 kasus di suatu lingkungan. Nanti surveilans kita akan turun, kemudian nanti dilihat apakah memang betul kejadian ini DBD pada lingkungan sekitar atau bawaan dairi lingkungan luar,” tutupnya. (Rilis/Mc)

Leave A Reply

Your email address will not be published.