Bengkulu Selatan Akan Dapat Bantuan Program Budidaya Patin dan Kalaju dari KKP -13 April 2022

Bengkulu Selatan Sinarfakta.com- Kabupaten Bengkulu Selatan dipastikan akan mendapatkan bantuan program kegiatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupa pengembangan Kampung Budidaya Ikan Patin.

Untuk lokasinya direncanakan di Desa Darat Sawah Kecamatan Seginim dan Program Kampung Nelayan Maju (Kalaju) yang berlokasi di perkampungan nelayan Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna.

“Pekan lalu kami sudah beraudiensi dengan KKP di Jakarta, dan hasilnya KKP akan menindaklanjuti bantuan ini,” kata Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, Rabu (13/4/2022).

Gusnan mengatakan potensi perikanan di Bengkulu Selatan sangatlah besar, tidak hanya sumber daya bahari yang berada di laut, namun juga di sektor perikanan darat dari kolam-kolam ikan yang banyak tersebar di wilayah Kacamatan Seginim dan Air Nipis.

“Potensi budidaya ikan Patin di wilayah Kecamatan Seginim diperkirakan mempunyai peluang besar untuk dapat dikembangkan melalui program KKP ini. Hal itu dapat dilihat dengan banyaknya kolam kolam ikan yang dikelola oleh masyarakat di wilayah tersebut,” papar Gusnan.

Begitupun dengan program Kalaju, yang termasuk dalam program prioritas di KKP melalui Direktorat Jendral Perikanan Tangkap. Gusnan mengungkap Kampung Nelayan Maju menjadi upaya pemerintah untuk mewujudkan kampung nelayan yang tertata, maju, bersih, sehat, dan nyaman, yang mampu meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas usaha nelayan dan keluarganya.

“Ditargetkan dari program ini terbentuk kampung nelayan yang lebih moderen, dengan harapan agar tidak ada lagi kampung nelayan dengan kesan miskin, kumuh dan kotor. Harus lebih tertata dengan baik dan berdaya saing,” kata Gusnan.

Dirinya menilai program ini menjadi sangat mungkin untuk dilaksanakan di wilayah Pantai Pasar Bawah, mengingat Pasar Bawah adalah perkampungan nelayan yang terbesar dan tertua yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Program ini tentu akan sejalan dengan meningkatnya potensi pariwisata terkhusus di wilayah pesisir pantai Pasar Bawah,” pungkasnya.[jimi-adv]

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.