Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir. H. Mian menghadiri sekaligus launching dua desa Pencanangan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

SINARFAKTA.COM– Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir. H. Mian menghadiri sekaligus launching dua desa Pencanangan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Kabupaten BU, Senin di Balai Daerah Argamakmur (30/5/2002).

Pencanangan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, projek ini diawali oleh dua desa di dua kecamatan di BU yaitu desa Sidodadi Kec. Arma Jaya dan Desa Datar Ruyung Kecamatan Arga Makmur, dua desa ini mengawali pilot projek dari Kementrian Perlindungan Perempuan dan Anak RI.

Adapun komitmen yang dimaksud yaitu mendukung Pembentukan DRPPA, memfasilitasi, melakukan langkah-langkah kongkret dan berkelanjutan bagi perkembangan DRPPA, melakukan monitoring serta evaluasi berkala atas pelaksanaan Rencana Aksi DRPPA serta melaporkan perkembangan DRPPA kepada Kepala daerah secara berjenjang dan berkala.

Perencanaan dan Penandatanganan Komitmen bersama Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak dihadiri oleh Asisten Deputi Perlindungan anak Perlindungan Anak kondisi khusus, ibu Hendrani yang dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Kedatangan mereka ini untuk mengawal penguatan perempuan dan anak dimulai dari desa sesuai arahan bapak Presiden bahwa pembangunan di mulai dari desa, kegiatan ini adalah kerjasama dua Kementrian Pemberdayaan Perempuan Peduli Anak dan Kementrian Desa RI dan di dukung juga oleh Kemendagri.

“Saya optimis bahwa desa model di Kabupaten BU ini akan berhasil cepat dalam menjadi desa model sehingga dapat diaplikasikan di desa lainnya, sehingga pencapaian di DRPPA harus dirasakan semuanya tidak hanya perempuan dan anak melainkan keluarga juga laki2 dan masyarakat yang ada di desa model tersebut.”ucapnya.

Beliau juga menambahkan harapannya semoga desa model ini dapat terkawal penuh oleh para OPD untuk menjadi penguat potensi yang ada di desa, dengan komitmen bersama sehingga indikator di DRPPA dapat terpenuhi dengan baik.

Pada kesempatan ini Bupati Bengkulu Utara Ir.H.Mian juga memberikan sambutannya dan menyampaikan ini adalah agenda yang sangat strategis terkait perlindungan perempuan dan peduli anak yg nantinya di launcing di dua desa yg menjadi pilot projek di BU.

“Saya berkomitmen dengan agenda ini dan penuh harapan agar ini memberikan multiplayer efek untuk menjadi penguatan pembangunan dari desa, oleh sebab itu Pemerintah berkomitmen bersama telah mendirikan sendiri khusus perlindungan perempuan dan peduli anak dengan memberikan anggaran untuk pemetaan terkait perlinduangan perempuan dan anak sehingga untuk itu dalam upaya sangat disadari dinas DPPA imasih kekurangan anggaran.

harapannya dengan kedatangan ibu Deputi dapat menjadi penghubung kepada Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak RI agar ditahun depan dapat memberikan anggaran untuk memperkuat pendataan perlindungan perempuan dan anak dari daerah ke pusat, agenda kita hari ini juga merupakan awal kita memetakan perlindungan perempuan dan anak di seluruh bu agar layak perempuan dan anak.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten BU Ny. Eko Kurnia Ningsih Mian, Kadis DPPA BU, Kepala Dinas P3A Propinsi Bengkulu, Perwakilan Polres BU, Perwakilan Kejaksaan, Camat Arga makmur, Camat Arma jaya, Kepala Desa Sidodadi, Kepala Desa Datar Ruyung, OPD terkait dan para tamu undangan. (MCBU,Sy)

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.