Presiden Joko Widodo memimpin upacara Hari Kelahiran Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Flores Sinarfakta.com-Presiden Joko Widodo memimpin upacara Hari Kelahiran Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022). Ini untuk pertama kalinya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksankan di luar Ibu Kota.

Dalam amanatnya Presiden Jokowi mengajak serta mengingatkan seluruh generasi muda anak bangsa, untuk mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila.

“Kita harus betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila, kita wujudkan sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai intraksi antar sesama anak bangsa,” minta Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengajak seluruh anak – anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila di setiap lini kehidupan.

“Saya mengajak untuk seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk bersama – sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata Presiden Jokowi.

Upacara peringatan ini juga dilaksanakan oleh masing – masing instansi pemerintah pusat dan daerah serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, melalui zoom dan youtube Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

“Untuk OPD dan instansi lainnya baik vertikal maupun BUMN atau lembaga yang ada di daerah itu melaksanakan peringatan hari pancasila melalui kanal youtube BPIP, jadi seluruhnya memang diarahkan untuk memeriahkan hari lahir Pancasila itu di tempat masing – masing,” jelas Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar usai mengikuti upacara melalui zoom.

 

Terkait dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila Khairil mengungkapkan bahwa seiring dengan globalisasi, juga perkembangan teknologi, nilai – nilai Pancasila seakan mulai berkurang dan meredup, untuk itu perlu usaha untuk kembali membangkitkan nilai – nilai Pancasila dan mengingatkan kembali bahwa Pancasila adalah dasar negara juga falsafah hidup.

“Dengan diperingati setiap tahun hari lahir pancasila ini diharapkan memunculkan semangat kita, semangat kebangsaan kita, kecintaan kita kepada Pancasila yang bisa kita terapkan sehari – hari, inilah yang bisa mempersatukan, mempertahankan negara kita,” ungkap Asisten I Khairil Anwar.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.