Masyarakat Antusias Hadiri Sedekah Bumi

0

 

Sinarfakta,com -Tradisi bersih desa atau sedekah bumi yang dilaksankan setiap tahun di Desa Tirta Mulya Kecamatan Air Manjunto Kabupaten Mukomuko (9/9/22) di tempat kediaman Kepala desa Tirta Mulya, dalam tradisi ini setiap RT membawa hasil bumi yang ada di desa mentah maupun yang sudah masak dan di hias.

Dalam kegiatan tersebut panitia pelaksana sedekah bumi yang bertema ,” Kita tingkatkan Kesatuan dan Persatuan Antar Masyarakat tersebut yang dihibur oleh musik campursari Langgam Budoyo, Joko Blek menyampaikan yang mana dana tersebut dari Masyarakat setiap RT totalnya” Tuju Juta Enam Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah, (7620000), dan dari desa sendiri Delapan Juta Rupiah (8000000), jadi total keseluruhan Lima Belas Juta Enam Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah ( 15,620000.).”Ujar joko .

 

 

Kepala Desa Tita Mulya Supri mengucapkan sangat berterimakasih kepada seluruh lembaga dan masyarakat yang mendukung kegiatan ini moril maupun pikiran, karena ini semua merupakan hajatnya seluruh masyarakat di desa Tirta Mulya.

 

Dengan adanya sedekah bumi ini saya berharap kedepannya tradisi ini kita jaga dan kita lestarikan kearifan lokal sampai anak cucu kita nanti yang akan datang kedepannya lebih baik lagi karena tradisi ini sudah kita selama 32 tahun , kepala desa pun berpantun minum susu berbuka di bulan puasa mari kita bangun desa besama,” pinta Supri.

 

Masih di tempat yang sama ketua BPD Ari Susanto mengucapkan Berterimakasih kepada khususnya warga masyarakat yang mendukung kegiatan bersih desa atau sedekah bumi,dan sekaligus kita jadikan even tahunan, dan kita lestarikan kearifan lokal budaya yang ada di desa kita,” jelasnya.

Tak sampai di situ saja Camat Air Manjuto Sugiyanto SPd melalui kasi Kemasyarakatan dan Lingkungan Hidup Kecamatan Air Manjuto Am Azbas Khamsuwaldi SE yang hadir pada kesempatan ini mengatakan,” kami dari pemerintah Kecamatan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Warga Desa Tirta Mulya ini, dikarenakan banyak sekali kegiatan yang positif memaknai dalam kegiatan yang sangat baik ini, kami berharap kepada desa-desa lain bisa mengikuti seperti yang ada di desa tirta mulya ini ,” harap mantan pj kades manjunto jaya ini,.

Dalam bersih desa tersebut yang di hadiri oleh camat,.Ta Kabupaten, Kapolsek Lubuk Pinang, para undangan desa tetangga dan dinas yang terkait yang di wakilkan,.(Nt 35).

Leave A Reply

Your email address will not be published.