Distan Akan Melaksanakan Vaksin Radius Sepuluh Kilo

Mukomuko Sinarfakta.com-.(29/6/22) minggu depan akan melaksanakan vaksin di Daerah Kecamatan Penarik,mengingat adanya temuan penyakit mulut kaki (PMK) sejenis hewan sapi dan kambing yang ada di kecamtan penarik.

Kepala Dinas Distan Apriansyah ST, MT, melalui Sekertaris
Elxandi Ultria Dharma STP,. M Ec. yang sering di sapa Etang Hal tersebut yang di laporkan oleh Kabid peternakan ke sekertaris, hewan ternak yang terkena wabah penyakit PMK tersebut sekarang sudah mulai membaik, dari tiga kasus tersebut satu ekor kambing satu kandang ada 21 ekor,, dua ekor sapi dan yang satu kandang ada tiga ekor sapi, di tempat lain satu ekor sapi terkena PMK ada lima ekor sapi dalam kandang ,” ujar Etang.

Ia juga menjelaskan bahwa sambil menunggu vaksin sampai, akan segera di laksanakan dan melibatkan dari satgas TNI Dan Polri untung mendamping pelaksanaan vaksin PMK yang ada di penarik, radius 10 kilo dari tempat kadang sapi yang terinfeksi PMK, tetapi secara bertahap karena dosis yang akan datang seribu CC.

Kami juga berharap kepada pemilik ternak supaya menjaga kebersihan di kandangnya kalau bisa kandang tersebut di semprot disinvektan supaya sapi selalu sehat,” harapnya.

Etang Juga menjelaskan bahwa wabah tersebut memang cepat penularannya, tapi tingkat kematiannya rendah hanya 10 persen untuk tingkat kematiannya.

Kami berharap kepada pemilik ternak yang terkena PMK supaya hewan ternaknya di karantina kurang lebih 14 hari, dan apa bila sapi tersebut sakit terkena PMK lalu di potong dagingnya boleh di kosumsi tidak menimbulkan efek samping,” pungkas Etang.(Nt 35).

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.