Wabub Apresiasi Tradisi Bersih Desa

 

Sinarfakta.com– Pemdes Agung Jaya melaksanakan kegiatan Bersih Desa yang mana kegiatan tersebut rasa ucapan Puji sukur terhadap sang pencipta langit dan Bumi di Desa Tersebut yang mana kegiatan itu di laksanakan di gedung serba guna Desa Agung Jaya Kecamatan Air Manjunto Kabupaten Mukomuko,(3/7/22).

Ketua Badan Musyawarah Adat ( BMA) H Parji sangat kagum dengan adanya bersih desa, karena ini merupakan tradisi yang kita jaga , dan ini adalah merupakan kearifan lokal , karena budaya seperti ini yang harus kita jaga dan kita lestarikan untuk anak cucu kita nantinya,” papar Parji.

 

Kepala Desa Agung Jaya Hartono mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir di acara ini yang mana tema Bersih Desa ini ,Perjuangan Masyarakat Sebagai Bagian Dari Perjuangan Indonesia Yang Tentram ,Subuh Adil, Makmur Serta Mulya Abadi, ” Saya Berharap Kepada Pemerintah Daerah Supaya Desa Agung Jaya ini di jadikan Desa Pariwisata dan Saya meminta Kepada Bupati Mukomuko H Sapuan supaya Desa Agung Jaya ini di berikan SK Desa Pariwisata,” pinta Hartono.

Sekertaris Daerah H Drs Yandaryat menyampaikan supaya budaya dan tradisi ini supaya di kaga dan di lestarikan, jangan sampai budaya kita di hak patenkan oleh negara lain, dan saya berpesan kepada Kepala Desa jangan selalu bepergian,. Sehingga lupa untuk membangun Desa, dan saya berharap setiap Desa ada orang kesusahan atau OJK tolong di urus kan kependudukannya supaya mudah berobat ke Rumah Sakit,” harap Sekda.

Wakil Bulat Wasri sangat mengapresiasi kepada Masyarakat Desa Agung Jaya yang melaksanakan kegiatan Bersih Desa ini menjaga Adat Istiadat yang kita bawa dari jawa untuk melestarikan Budaya yang kita bawa Kesumatra , walaupun kita beda suku tetap kita satukan, karena bersatu itu Indah, dan kita lestarikan Budaya jadi Tradisi, karena dari tradisi bisa menarik pengunjung Pariwisata, tetapi tergantung dari masyarakat Desa Agung Jaya, dan Saya berharap dengan adanya Tradisi seperti ini Masyarakat saling Bahu membahu untuk Kemajuan di Desa Yang Kita Cintai,’ harap Wasri.

Dalam Bersih Desa ini juga di hadiri Oleh Ustad, Nurwahid , memberikan sentuhan Rohani kepada para undangan yang hadir tentang Bersih Desa, ustad menjelaskan karena ini Tradisi yang di turunkan oleh Nenek moyang kita di dahulu kala, maka kegiatan ini harus kita jaga , apa bila ada yang bilang kegiatan ini Bid”ah maka orang tersebut terbang nya masih pendek dan wawasannya belum luas, dan kita lestarikan budaya seperti ini supaya desa Agung Jaya jadi Desa ,Gemah Rifah Loh Jinawi, Baldatun Toyibatun Warobbun Ghofur,” harap Ustad Nurwahid.

Dalam kegiatan ini di hadiri oleh Wabub , Sekda, Kapolsek, DPMD, Bapelidbangda, Camat, dan parang undangan desa tetangga,(Nt 35).

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.