Pemdes Manai Blau Gelar Monev

 

Sinarfakta.com Lebong– selasa 5/7/2022 pemerintah Desa Manai Blau kecamatan Lebong selatan provinsi Bengkulu menggelar monitoring dan evaluasi serapan anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama tahun anggaran (Ta) 2022.

Kades Manai Blau Armen Machfudi, sebelum melaksanakan monitoring tahap satu kades ucap syukur alhamdulillah pemerintah Desa Manai Blau telah merealisasikan serapan penggunaan anggaran Dana Desa tahap pertama tahun anggaran 2022.

Telah terserap anggaran Dana Desa tahap pertama tahun anggaran 2022 pemerintah kecamatan lebong selatan melaksanakan monitoring dan evaluasi serapan anggaran Dana Desa Manai Blau.

Kades sebut Dana Desa (DD) Manai Blau terdapat penurunan dari tahun sebelumnya.

Untuk kegiatan fisik di tahap pertama di tahun 2022 ini pemerintah Desa Manai Blau mengerjakan fisik irigasi.

Selanjutnya Camat Lebong Selatan Fendi,SE, menyampaikan sesuai fungsinya, kecamatan Lebong selatan wajib melakukan monitoring dan evaluasi serapan penggunaan anggaran Dana Desa.

Kami Pihak pemerintah kecamatan tidak mencari kesalahan atau mengaudit tetapi pihak kecamatan sekadar monitoring kegiatan Desa sebatas mana serapan DD di tahap pertama.

Tim dar kecamatan tidak bisa mengetahui secara ril kegiatan di desa.
Tugas kami dari kecamatan membimbing dan membina desa yang ada di kecamatan Lebong selatan.

“Sipat kami dari kecamatan sebagai pembina”

Tenaga pendamping profesional, Azis menyampaikan kegiatan ini bukan dibuat-buat kegiatan ini berdasarkan permendagri no 73 tahun 2020 tentang pengawasan pengelolaan keuangan Desa ditetapkan guna mengatur tentang pengawasan pengelolaan keuangan Desa, yaitu mengenai pengawasan oleh APIP, pengawasan oleh camat, pengawasan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan pengawasan oleh masyarakat.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel, parsipatif, tertib dan disiplin.

Terpantau acara monitoring dan evaluasi serapan anggaran Dana Desa tahap pertama dihadiri oleh camat lebong selatan, kepala Desa Manai Blau, tim monitoring dari kecamatan, tenaga profesional dari kabupaten, Baninsa, Babinkamtibmas, BPD Dan Dan seluruh perangkat Desa Manai Blau.[Indra gunawan]

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.