Pemotongan Hewan Korban Di Laksanakan Secara Simbolis Oleh Kakanwil Kamenag Bengkulu H .Zahdi Taher,M.H.I

Sinarfakta.com-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Dr. H. Zahdi Taher, M.H.I menyebut, jumlah hewan yang qurban pada hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 tembus diangka 9.823 ekor.

Hal ini diungkapkan Kakanwil disela-sela melaksanakan pemotongan hewan qurban lingkungan Kanwil Kemenag di Asrama Haji Kelurahan Pekan Sabtu. Senin, (11/7/2022).

‘’Kita sangat menyampaikan apresiasi. Karena meskipun saat ini masyarakat masih krisis akibat terdampak pandemi Covid-19. Angka tahun ini justru meningkat dari tahun yang lalu yang hanya mencapai 8.335 ekor,’’ ungkap Kakanwil.

Kakanwil menjelaskan, dari 9.823 ekor tersebut jumlah hewan qurban yang disembelih terbanyak di Kota Bengkulu mencapai 2.071 ekor, kemudian terbanyak kedua di Kabupaten Bengkulu Utara yang mencapai 1.692 ekor, dan terbanyak ketiga di Kabupaten Mukomuko yang mencapai 1.169 ekor.

Lalu di Kabupaten Seluma 854 ekor, Kabupaten Bengkulu Selatan 836 ekor, Kabupaten Kaur mencapai angka 549 ekor, Kabupaten Kepahiang 724 ekor. Selanjutnya Kabupaten Lebong yang hanya melaksanakan pemotongan hewan qurban sebanyak 333 ekor, Kabupaten Rejang Lebong 947 ekor, dan Kabupaten bungsu Bengkulu Tengah sebanyak 630 ekor.

‘’Dari 9.823 ekor tersebut, Sapi sangat mendominasi yakni mencapai 5.955 ekor, kemudian kambing 3.655 ekor sedangkan kerbau 213 ekor,’’ jelas Kakanwil.

Sementara itu, keluarga besar Kanwil Kemenag sendiri melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 18 ekor sapi. Dari 18 ekor sapi tersebut, 5 ekor sapi telah didistribusikan ke daerah.

Dengan rincian, masing-masing 1 Ekor sapi untuk Jemaah Masjid Nurul Al Istiqomah Kelurahan Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan, kemudian Jemaah Masjid Nurul Ikhlas Desa Tunggang kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko, selanjutnya untuk Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu, serta masing-masing satu Ekor sapi untuk Pengurus Wilayah NU serta Jemaah PW Muhammadiyah Provinsi Bengkulu.  

Pemotongan dilaksanakan secara simbolis oleh Kakanwil didampingi Ketua DWP Hj. Megaharyanti Zahdi, Kabag Tata Usaha Drs. H. Hamdani, M.Pd, serta sejumlah pejabat eselon III dan disaksikan langsung oleh aparatur dilingkungan Kanwil.  

Kepala Bidang Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Dr. Intihan melaporkan, 13 Ekor Sapi yang dilaksanakan di lingkungan Kanwil dengan estimasi  13 ekor sapi, sebanyak 780 Kg daging qurban.

‘’Dari 780 Kg daging Sapi qurban tersebut, akan didistribusikan sebanyak 123 kupon untuk peserta Qurban, 86 kupon panitia dan 54 kupon ASN. Kemudian 492 kupon untuk 123 pendamping, 50 kantong untuk pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) serta 45 kantong untuk masyarakat sekitar,’’ pungkas Intihan.

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil menyampaikan apresiasi kepada jajarannya yang telah mempersiapkan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban tahun ini. Zahdi berharap, jumlah peserta kurban khususnya di keluarga besar di Kemenag se-Provinsi Bengkulu semakin meningkat.

‘’Ini adalah bagian meningkatkan nilai-nilai sosial dan kepeduliaan kepada sesame jajaran Kanwil Kemenag. Karenanya saya berharap, ada peningkatan jumlah hewan qurban,’’ demikian Kakanwil.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.