Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifa’i Tajuddin pimpin rapat Penyusunan Rencana Aksi Gugus Tugas Kota Layak Anak[RAD-KLA] Kab.BS

Sinarfakta.com-Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifa’i Tajuddin pimpin rapat Penyusunan Rencana Aksi Gugus Tugas Kota Layak Anak Kabupaten Bengkulu Selatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Marina 2, Kamis (28/7/22).

Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak (RAD-KLA) berangkat dari amanat pasal 28 B ayat 2 UUD 1945, yang menyebutkan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Apabila dikaji lebih mendalam, maka terdapat lima klaster hak anak yang harus terpenuhi, yaitu hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuh alternatif, hak atas kesehatan dan kesejahteraan, hak atas pendidikan dan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya dan hak atas perlindungan khusus.

Rapat koordinasi bersama OPD ini merupakan suatu bentuk evaluasi pelaksanaan program KLA di Kabupaten Bengkulu Selatan yang dimotori oleh Dinas PPKBP3A dalam tugas pokok dan fungsinya yang menangani permasalahan yang berkaitan dengan perlindungan dan pemenuhan hak anak.

Disampaikan Wakil Bupati Rifa’i Tajuddin terdapat tiga permasalahan pokok yang dihadapi oleh anak yaitu kekerasan, pendidikan, dan peran serta anak dalam pembangunan. Berangkat dari hal tersebut, maka

program KLA menjadi suatu program strategis dalam menciptakan Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai Kabupaten yang ramah anak, yang memberikan perlindungan, kesempatan dan fasilitas pendidikan yang layak sehingga anak bisa mempelajari dan mengeksplorasi lingkungan dan dunia mereka.

Suasana Rapat[ RDA-KLA ]yang dilaksanakan di Aula Hotel Marina 2, Kamis (28/7/22).[Mc-Jimi Doc]

Ditambahkan Wabup bahwa upaya mewujudkan Bengkulu Selatan sebagai Kabupaten layak anak adalah tanggung jawab bersama. Setiap OPD diminta Wabup Rifai untuk berperan aktif dan terintegrasi dalam melaksanakan tugas peran dan fungsinya masing-masing yang sejatinya beririsan dengan aspek kehidupan anak Imbuh Beliau.[MC-Adv-Jimi]

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.