Kurang Lebih 100 Ekor Sapi Terkena PMK

0

 

Sinarfakta.com- Desa Rawa Mulya Kecamatan XIV koto Kabupaten Mukomuko, Rabu (12/10) kurang lebih 100 ekor Peternak warga terkena Virus Penyakit Mulut dan Kaki.

Hal tersebut di ungkapkan oleh seorang peternak jumadi bahwa Penyakit tersebut sudah 3 hari yang lalu, untuk di RT 9 saja kurang lebih 50 ekor sapi.

Jumadi juga menjelaskan bawasannya selama ada PKM yang di Desa rawa mulya belum ada tindakan dari dinas terkait.

Maka oleh itu kami berharap supaya dinas terkait langsung turun kelapangan untuk melakukan penyemprotan atau vaksin, apa bila dinas yang terkait lambat maka peternak akan merugi, maka oleh itu kami sangat berharap dinas terkait segera menindak lanjuti PMK yang ada di Desa Rawa Mulya.” Harapnya.

Kepala Distan Mukomuko Afriansyah saat di kofirmasi melalui via telpon menjelaskan bahwa untuk sementara ini Distan telah kehabisan Vaksin,tetapi akan berkordinasi di puskeswan terdekat dahulu.

Afriansyah juga menghimbau kepada masyarakat peternak sebelum dinas terkait turun kelapangan , untuk mengunakan sitrum atau asam sitrat yang di semprotkan ke kaki atau mulut dan di minumkan melalui botol yang diisi air dan dicampur dengan sitrum atau asam sitram botol di lubang untuk memasukan ke mulut hewan ternak tersebut.” Pinta Kepala Distan.(Nt 35).

Leave A Reply

Your email address will not be published.