Masyarakat Sangat Mengapresiasi Pemdes Rawa Mulya

 

Mukomuko Sinarfakta.com – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan khususnya di bidang perikanan air tawar. Pemerintah Desa Rawa Mulya, Kecamatan XIV Koto, melaksanakan pelatihan pengelolaan ikan air tawar dan budidaya cacing sutra, Rabu (30/11).
Bertempat di aula kantor desa, kegiatan tersebut di hadiri Kasi Ekobang Kecamatan XIV Koto, Dinas Perikanan dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Adapun tujuan dari pelatihan yang di gelar Pemdes Rawa Mulya tersebut dalam rangka pengaplikasian program Kemendes. Yakni tentang penggunaan anggaran Dana Desa sebesar 20 Persen di sektor ketahanan pangan.

Kepala Desa Rawa Mulya, Nodo, berharap agar program pengembangan budidaya ikan air tawar di desanya bisa terus berlanjut. Sehingga bisa meningkatkan ketahanan pangan desa di sektor perikanan. Disampaikannya juga, pelatihan ini diikuti sekitar 37 orang ini akan ditindaklanjuti pada Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2023 mendatang.

”Jadi untuk saat ini kita berikan pelatihan, setelah itu silahkan warga desa membentuk kelompok. Tahun depan kita tinggal salurkan bibit ikan beserta kebutuhan lainnya. Dengan harapan budidaya ikan air tawar ini bisa terus berlanjut dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Desa Rawa Mulya,” ujar Nodo.

Sementara itu Kasi Ekobang Kecamatan XIV Koto, Albu Sairi, dalam sambutannya terus mendorong desa agar melakukan terobosan sesuai dengan potensi geografis desa. Dimana pemerintah desa harus memfasilitasi masyarakatnya. Agar melakukan terobosan sesuai dengan potensi geografis desa guna menciptakan ketahanan pangan. Serta menumbuhkan ketahanan ekonomi kerakyatan di pedesaan.

”Apalagi desa ini memiliki potensi untuk membudidaya ikan air tawar. Karena sudah ada faktor pendukung utamanya yaitu irigasi atau drainase sebagai sumber air untuk kolam ikan,” tutup Albu.

Masih di tempat yang sama peserta pelatihan Jihad sangat mengapresiasi kepada Pemdes Rawa Mulya yang mana telak memberikan pelatihan tentang pemeliharaan ikan tawar dan cara budi daya cacing sutra, dan saya berharap ini bisa di lanjutkan pada tahun yang akan datang dan bisa di manfaatkan benar-benarnya ,” harapnya di kutip dari rm (Nt 35).

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.