Bupati Dan BPN Sukseskan Gemapatas

0

 

Mukomuko Sinarfakta.com – Bupati dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mukomuko, memberikan bantuan patok untuk tapal batas, gerakan masyarakat pasang tanda batas, program percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), mendengarkan Instruksi dari Kementrian,. Agraria dan Tata Ruang (ATR ) atau Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto, melalui zoom meeting Sejuta patok, yang di ikuti oleh 32 Propinsi di seluruh Indonesia, untuk Kabupaten Mukomuko, di laksanakan di gedung serba guna, Desa Pondok Tengah Kecamatan V koto Kabupaten Mukomuko Jumat (3/2/23).

Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Mukomuko, Azman Hadi S,SiT,MH, menyampaikan ke awak media setelah acara zoom meeting. Bahwa dari sekian banyak Kepala Desa, yang paling siap hanya kepala Desa Pondok tengah dari segi sarana dan kedekatan untuk di capai, untuk Desa Pondok tengah Tahun ini paling banyak dapat jatah PTSL dan target kami untuk Tahun ini tuntas untuk Desa Pondok Tengah dan jadi Desa terlengkap.

” Kemudian untuk target pasang patok Sepropinsi Bengkulu hari ini ada 5000 patok, dan di Mukomuko 750 patok, selain di Pondok Tengah, yang Lima Desa ikut serentak pasang patok, di beri waktu satu Minggu untuk mengambil ididen fotonya ,dan akan kami kirim ke Kementrian bahwa kegiatan ini betul-betul di laksanakan bukan serimonial tapi benar-benar patok itu terpasang,” ungkap Azman.

 

PTSL Tahun 2023 Mukomuko mendapatkan, Dua Ribu Sembilan Ratus Delapan puluh Tiga, 2983 bidan,” kata Azman.
FOTO;[Istimewah]

”Asman juga berharap, setelah patok ini terpasang mudah-mudahan seluruh Desa mengikuti secara bersinambungan, karena syarat untuk PTSL, patok tersebut harus di pasang dan di poto, kalau tidak kita balik ukur pakai manual, maka oleh itu patok harus siap terpasang, minimal patok tersebut 50 cm di pendam 30 cm.dan disisakan 20 cm.

” Untuk tahun ini ada perbedaan, namanya PTSL itrigasi dimana proses pengukurannya di dahului pakai patok, kemudian pengukurannya dengan teknologi peta poto udara sama poto grametis jadi terimigrasi, trimetis dengan suplesi, jadi ada tiga mitodhe yang kita pakai, mudah-mudah ini bisa mempercepat proses PTSL Tahun 2023.

Ia juga menjelaskan, ini adalah mengurangi konflik antara tetangga yang belum ada kesepakatan, jadi sertifikatnya jaminan hukumnya benar benar bisa di pertanggung jawabkan, untuk PTSL Tahun 2023 Mukomuko mendapatkan, Dua Ribu Sembilan Ratus Delapan puluh Tiga, 2983 bidan,” kata Azman.

Masih di tempat yang sama, Bupati Mukomuko H,Sapuan, SE,MM,AK,CA,CPA,CPI, menyampaikan, sangat mendukung program PTSL ini, karena dengan adanya program ini masyarakat bisa memiliki sertifikat dengan biaya murah, selain itu sertifikat tersebut bisa mempermudah urusan ke BNK, untuk pinjaman buat tambahan usaha yang kita miliki,” kata Bupati

Sementara itu Camat V koto Ali Muksin, berharap semua Desa yang mendapatkan PTS, supaya menyukseskan kegiatan ini apa yang di rancangkan oleh pak mentri itu tercapai mudah-mudahan nanti hak hukum masyarakat bisa terjamin untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” harap Camat.

Tak mau ketinggalan Kepala Desa Pondok Tengah Misran, sangat berbangga karena kita kades baru , apa yang menjadi program enam tahun kemaren, contohnya hari ini berkat komunikasi kita alkamdulilah hari ini bisa sukses, dan Insya Allah visi dan misi kita 2023 awal bisa berjalan ,pada intinya program PTSL ini , seperti yang di bahas mentri tadi untuk menambah peningkatan ekonomi Daerah,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut yang di hadiri ,Bupati Mukomuko, Kapolres Mukomuko, Kodim 0428 Mukomuko Kajari Mukomuko,Pengadilan Negeri Mukomuko, FKPD, Camat, Lubuk Pinang , Camat V koto, Kepala Desa Sekecamatan, dan tokoh Masyarakat sekitar. (Nt 35).

Leave A Reply

Your email address will not be published.