Kain Besurek Tetap Jadi Andalan dalam Expo Perayaan HUT ke-44 Dekranas 2024 di Solo

0

 

Bengkulu Sinarfakta.com-Pada perayaan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang digelar pada 14-18 Mei 2024 di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, kain Besurek kembali menonjol sebagai daya tarik utama kerajinan dari Bengkulu.

Sebagai salah satu jenis wastra yang khas, pemerintah Provinsi Bengkulu, melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), terus mengembangkan kain Besurek. Menurut pernyataan dari Derta Rohidin, Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu, upaya pendampingan dan promosi yang berkelanjutan telah meningkatkan nilai ekonomis kain Besurek serta memungkinkannya beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Dekranasda berkomitmen untuk terus mendukung UMKM lokal agar dapat berkembang, dan melibatkan mereka dalam berbagai event, termasuk expo dan pameran skala nasional maupun internasional,” ujar Rohidin.

Kain Besurek Bengkulu semakin dikenal luas dan diminati oleh masyarakat pada setiap kesempatan, termasuk dalam pameran-pameran besar. Pihak Dekranasda mendorong para perajin untuk terus meningkatkan kualitas produk batik yang mereka hasilkan, mengingat batik merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia.

”Foritha Ramadhani, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, menambahkan bahwa pihaknya selalu melibatkan UMKM lokal dalam setiap expo, baik di tingkat nasional maupun internasional, dengan harapan produk-produk wastra lokal seperti kain Besurek semakin dikenal secara luas.

Pada expo perayaan HUT ke-44 Dekranas ini, Provinsi Bengkulu membuka tiga stan, termasuk Stan Dekranasda Provinsi Bengkulu, Stan Dekranasda Kabupaten Seluma, dan Stan Kain Besurek dari “Uni Batik”, salah satu UMKM yang didukung oleh Dekranasda Provinsi Bengkulu.

Antusiasme pengunjung terhadap produk-produk seperti batik Besurek menunjukkan potensi besar dalam memajukan industri kreatif lokal serta mengangkat citra dan identitas budaya Bengkulu ke tingkat yang lebih tinggi.[adv]

Leave A Reply

Your email address will not be published.