Keunikan Tenun Bumpak Seluma: Menuju Pengakuan Indikasi Geografis

0

 

Seluma Sinarfakta.com-Di tengah gemerlapnya budaya tradisional di Kabupaten Seluma, kehadiran Tenun Bumpak menjadi sebuah penanda khas yang tak terlupakan. Dalam upaya melindungi dan mengangkat warisan budaya ini, Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE, hari ini menyambut dengan hangat Tim Pemeriksaan Substantif Indikasi Geografis (IG) Tenun Bumpak Seluma dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM RI.

Dalam suasana yang penuh harap, Bupati Seluma menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan tim yang telah dengan teliti memeriksa keaslian dan keunikan Tenun Bumpak. “Tenun Bumpak adalah bagian tak terpisahkan dari identitas budaya kami di Seluma. Kami berharap langkah ini akan membawa pengakuan resmi atas keunikan kami,” ujarnya dengan penuh semangat.

Sebelumnya, tim pemeriksa telah menjelajahi tiga lokasi penting di Kabupaten Seluma, mulai dari Karya Bersama di Kelurahan Masmambang, Maju Bersama di Desa Kampai, hingga Koperasi Sentosa Serasan Seijoan di Desa Kampai. Langkah ini menjadi pijakan awal dalam perjalanan panjang menuju pengakuan resmi sebagai Indikasi Geografis.

Tenun Bumpak Seluma tidak sekadar sebuah kain, melainkan pewaris nilai-nilai luhur dan kearifan lokal yang telah turun-temurun. Pengakuan Indikasi Geografis diharapkan dapat memberikan perlindungan hukum dan mengangkat nilai tambah bagi para pengrajin tenun dan masyarakat Seluma secara keseluruhan.

Pemeriksaan ini tidak hanya menjadi tinjauan teknis, namun juga sebuah upaya memahami makna mendalam di balik setiap helai benang yang disusun dengan cermat. Dalam keberagaman budaya Indonesia, Tenun Bumpak Seluma menjadi salah satu mahakarya yang layak diperjuangkan keberadaannya.

Pewarta;Marzuki

Editing ;Izwandi

Leave A Reply

Your email address will not be published.