Sosialisasi UU Desa Nomor 3 Tahun 2024: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perangka ,Bengkulu, 22 Mei 2024t Desa

0

 

Bengkulu ,Sinarfakta.com-Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menekankan pentingnya sosialisasi Undang-Undang Desa Nomor 3 Tahun 2024 kepada perangkat desa agar mereka mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Pernyataan ini disampaikan saat beliau membuka acara Sosialisasi dan Public Hearing Undang-Undang Desa tersebut di Balai Raya Semarak Bengkulu pada Rabu (22/5).

“Hari ini kita hadiri sosialisasi dan public hearing tentang perubahan undang-undang desa kepada perangkat desa serta instrumen lainnya,” kata Rohidin.

Lebih lanjut, Rohidin menyampaikan selamat kepada organisasi Desa Bersatu, termasuk kepala desa dan BPD-nya yang bergabung di Desa Bersatu. Beliau berharap mereka dapat menjadi mitra pemerintah dalam berkolaborasi.

Undang-Undang Desa Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 telah disahkan sejak Maret oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Salah satu poin penting dalam perubahan ini adalah perpanjangan masa jabatan Kepala Desa menjadi 8 tahun, dari sebelumnya hanya 6 tahun.

Suasana Sosialisasi dan Public Hearing Undang-Undang Desa Nomor 3 Tahun 2024 di Balai Raya Semarak Bengkulu, Rabu (22/5).foto;[indra-Sinarfakta.com]

”M. Asri Anas, Ketua Umum DPP Desa Bersatu, menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut sudah didasarkan pada riset yang dilakukan. Provinsi Bengkulu dipilih sebagai lokasi sosialisasi karena organisasi desa di sana sangat aktif dalam kegiatan pedesaan dan memberikan pendapat serta kritik kepada pemerintah.

“Bengkulu dipilih karena historis dan aktifnya organisasi desa dalam kegiatan pedesaan serta memberikan kritik kepada pemerintah,” ungkap M. Asri Anas.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kualitas pelayanan perangkat desa dalam melaksanakan tugasnya serta memperkuat kemitraan antara pemerintah dan masyarakat desa dalam pembangunan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.