Kepala Dinas Kominfo Kota Bengkulu, Gita Gama, Mengupas Pentingnya Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024

0

Bengkulu, sinarfakta.com- Suasana santai di salah satu kafe di Kota Bengkulu menjadi latar bagi diskusi yang penting tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam konteks Pilkada Serentak 2024. Gita Gama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bengkulu, menjadi narasumber dalam podcast Tribun Bengkulu yang mengangkat topik ini.

Dalam diskusi yang berlangsung pada Rabu, 29 Mei, Gita Gama menyampaikan beberapa poin penting terkait netralitas ASN demi menjaga integritas dan kejujuran Pilkada Serentak mendatang, sesuai dengan amanat yang tertera dalam Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Salah satu langkah yang diambil adalah pengawasan terhadap aktivitas media sosial para ASN oleh tim patroli media sosial, untuk memastikan bahwa mereka tidak terlibat dalam politik praktis menjelang Pilkada 2024.

“Netralitas ASN merupakan hal yang perlu terus dijaga dan diawasi, agar Pilkada dapat berjalan secara jujur dan adil,” ujar Gita Gama.

Dalam upaya ini, Pemerintah Kota Bengkulu berencana untuk mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang akan mengingatkan para ASN tentang pentingnya netralitas, serta memberikan imbauan agar tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis terkait Pilkada 2024. Namun, hal ini tidak menghilangkan hak mereka untuk memilih.

“Harapannya, dengan adanya SE ini, para ASN dapat menjaga profesionalitas mereka dalam memberikan pelayanan publik,” jelasnya.

Gita Gama menegaskan bahwa aturan undang-undang secara tegas melarang ASN untuk menjadi anggota atau pengurus partai politik, serta menegaskan pentingnya profesionalitas dalam menjalankan tugas mereka tanpa terpengaruh oleh kepentingan politik.

“Dalam konteks Pilkada serentak tahun 2024 ini, sikap netralitas ASN sangatlah penting untuk mendukung terwujudnya kualitas dari pesta demokrasi tersebut,” tandasnya.

Diskusi ini menjadi langkah awal dalam memastikan bahwa setiap elemen masyarakat, termasuk ASN, berkontribusi secara positif dalam menjaga integritas dan kejujuran dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

 

Pewarta : Indra gunawan

Editor : Sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.