Ketua PN Bintuhan Jadi Irup Saat Peringati Hari Lahir Pancasila, diKab Kaur

0

Bengkulu,Sinarfakta.com– Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 diperingati dengan penuh semangat di Kabupaten Kaur. Upacara berlangsung di halaman Setda Kaur pada Sabtu (1/6/2024), yang dihadiri oleh berbagai tokoh dan pejabat penting, termasuk Ketua Pengadilan Negeri Bintuhan, Rama Wijaya Putra, S.H., M.H., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya, Rama Wijaya Putra membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. Tema peringatan tahun ini, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, menyoroti peran Pancasila dalam menyatukan bangsa Indonesia di tengah keragaman suku, agama, budaya, dan bahasa.

“Pancasila adalah fondasi yang memandu kehidupan bangsa, menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman adalah kekayaan yang harus kita jaga sebagai identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” ungkap Rama Wijaya Putra.

Lebih lanjut, Rama Wijaya Putra mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan. “Pancasila telah membuktikan kemampuannya dalam mempersatukan bangsa di tengah beragam tantangan sejarah. Kita harus menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang hidup, dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia,” tambahnya.

Pada kesempatan yang berharga ini, Rama Wijaya Putra juga menegaskan pentingnya integritas, etika, dan keteladanan dalam kepemimpinan dan kehidupan berbangsa. Dalam menghadapi tantangan masa depan, Pancasila diharapkan menjadi filter yang mampu menjaga kesatuan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momentum bagi semua pihak untuk merenungkan dan menguatkan komitmen dalam mewujudkan Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa. Semangat ini menjadi landasan untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi masa depan bangsa yang lebih baik.

Pewarta;Mursalin//rlis / Mc]

Editor     ;Sri Rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.