BSSN Menggelar Bimtek

0

Bogor,Sinarfakta.com – Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah (BSSN) menggelar acara penting untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap insiden keamanan siber di kalangan CSIRT Pemerintah Daerah. Dalam kegiatan bertajuk Bimbingan Teknis Kesiapsiagaan Insiden Keamanan Siber, yang berlangsung dari tanggal 29 hingga 31 Mei 2024, sebanyak 150 peserta dari berbagai wilayah hadir untuk mengikuti rangkaian acara di Hotel Grand Savero, Bogor.

Bimtek ini diawali dengan pembukaan oleh Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN, Sulistyo. Para peserta tak hanya mendengarkan, namun mereka juga terlibat langsung dalam sesi simulasi kasus serangan siber yang menargetkan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Diskusi mendalam pun terjadi, di mana para peserta membagikan pertanyaan dan strategi pencegahan terkait penanganan insiden siber.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan pemerintah daerah dalam menghadapi potensi risiko siber yang dapat mengganggu keberlangsungan pelayanan publik. Diharapkan, dengan menyusun profil risiko di setiap instansi pemerintah daerah, langkah-langkah pencegahan dan penanganan insiden siber dapat lebih terencana dan efektif.

Salah satu pemerintah daerah yang turut aktif dalam kegiatan ini adalah Kota Bengkulu, yang diwakili oleh tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Arif Nur Riyadi. Prestasi luar biasa diraih oleh tim Kota Bengkulu, dengan dinobatkan sebagai peserta terbaik ke-2 se-Indonesia. Keaktifan tim dalam sesi bimtek, termasuk dalam memberikan pertanyaan dan jawaban, serta penilaian dari kualitas interaksi mereka, menjadi faktor penentu dalam pencapaian tersebut.

Di samping itu, Kota Bengkulu juga mencatat prestasi membanggakan dengan meraih peringkat 24 dari 55 tim dalam sesi tantangan terakhir. Hal ini menunjukkan komitmen serius dari pemerintah daerah dalam memperkuat ketangguhan dan kesadaran akan ancaman keamanan siber di era digital ini.

Pewarta;indra gunawan
Editing  ;Sri Rahmawati
Leave A Reply

Your email address will not be published.