Masyarakat Petani di Kabupaten Seluma Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Pasca Serangan Beruang Madu

0

 

Kabupaten Seluma ,Sinarfakta.com –  Masyarakat petani di Kabupaten Seluma, khususnya yang berprofesi sebagai petani karet, diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan mereka pasca insiden serangan beruang madu yang menimpa seorang petani, Pirman (43), warga Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Lubuk Sandi.

Pirman, yang sedang melakukan aktivitas menyadap karet di kebunnya, tiba-tiba diserang oleh seekor beruang madu dewasa. Insiden itu menyebabkan Pirman mengalami sejumlah luka robek dan harus dilarikan ke RSUD M. Yunus Bengkulu untuk mendapatkan perawatan medis.

Menurut keterangan Pirman, kejadian tersebut terjadi ketika ia sedang fokus menyadap karet tanpa memperhatikan kondisi sekitar. Beruang madu datang mendadak dan menyerangnya dari arah kanan, membuatnya tersungkur. Beruntung, Pirman berhasil melawan dengan mengibaskan pisau sadap getah karet yang dipegangnya ke arah beruang, membuatnya melarikan diri.

Mendapatkan laporan tersebut, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Seksi Konservasi Wilayah II Bengkulu segera bertindak dengan memasang perangkap beruang di sekitar lokasi kejadian. Mereka juga menggandeng teknologi dengan memasang kamera pemantau di beberapa titik strategis, memancing beruang dengan madu dan buah-buahan sebagai umpan.

Kasus konflik antara satwa liar yang dilindungi dengan masyarakat setempat memang tidak jarang terjadi di wilayah Kecamatan Lubuk Sandi. Hal ini dikarenakan letak Desa Lubuk Terentang yang berdekatan dengan perbatasan kawasan Taman Buru Semidang Bukit Kabu, yang menjadi jalur lintasan satwa liar.

Serangan terhadap ternak milik warga juga pernah terjadi sebelumnya, yang pada awalnya diduga dilakukan oleh harimau Sumatera, ternyata dilakukan oleh beruang madu.

Dengan adanya insiden ini, masyarakat diajak untuk lebih waspada terhadap kehadiran satwa liar di sekitar wilayah mereka. Pihak terkait juga terus melakukan langkah-langkah preventif untuk mengurangi kemungkinan terjadinya konflik serupa di masa mendatang.

Semoga dengan langkah-langkah yang diambil, situasi ini dapat terkendali dan keseimbangan antara konservasi satwa liar dan kepentingan masyarakat lokal dapat terjaga dengan baik.

Pewarta ;Indra Gunawan

Editor;Sri Rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.