Pantai Seluma Akan Diubah Menjadi Wisata Alam: Langkah Awal Menuju Pengembangan Pariwisata Desa Pasar Seluma

0

 

Kabupaten Seluma,Sinarfakta.com– Usulan yang diajukan oleh Pemerintah Desa Pasar Seluma akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan. Pantai Seluma, yang sebelumnya merupakan cagar alam, akan diubah menjadi tempat wisata alam, menyongsong potensi pariwisata yang lebih luas  2 Juni 2024 .

Namun, tidak seluruh kawasan Pantai Pasar Seluma akan diubah menjadi tempat wisata alam. Hanya sebagian area, khususnya seputaran muara Air Seluma, yang telah disetujui untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata alam.

Kepala Desa Pasar Seluma, Yus Sukardi, menyatakan bahwa dengan disetujuinya usulan ini, pihaknya segera bertindak dengan memasang patok tapal batas. Bersama petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Badan Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan Wilayah XX Bandar Lampung, mereka menentukan batas antara kawasan yang masih merupakan cagar alam dan yang akan dijadikan tempat wisata alam.

“Pemasangan patok tempat wisata alam telah dilakukan oleh tim terpadu dari BKSDA dan BPKHTL Lampung kemarin,” ungkap Yus Sukardi.

Acara pemasangan patok ini turut dihadiri oleh Camat Seluma Selatan, Babinsa, Babinkabtimmas, BPD Pasar Seluma, perangkat desa, dan beberapa perwakilan dari masyarakat.

Dengan disetujuinya Pantai Seluma sebagai taman wisata alam, Yus Sukardi menyatakan keyakinannya dalam membangun potensi pariwisata di wilayahnya. Dia optimis bahwa langkah ini akan meningkatkan pendapatan asli desa serta pendapatan asli daerah.

Saat ini, Pantai Pasar Seluma telah dilengkapi dengan perahu untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan aliran sungai seputar muara. Pantai ini telah menjadi destinasi populer bagi masyarakat, terutama saat liburan akhir pekan, tanggal merah, dan libur lebaran. Dengan langkah ini, potensi wisata alam di Pantai Seluma akan semakin berkembang, memberikan manfaat ekonomi dan memperkaya pengalaman wisata bagi masyarakat setempat dan pengunjung.

pewarta;Indra Gunawan

Editor; Sri Rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.