Pemerintah Daerah Dorong Pendaftaran Kekayaan Intelektual untuk Pertumbuhan Daerah

0

 

 

  Bengkulu Selatan ,Sinarfakta.com- Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan memberikan penekanan pada pendaftaran dan pengelolaan kekayaan intelektual sebagai upaya untuk memperkuat sumber pertumbuhan ekonomi daerah. Keputusan ini diambil sejalan dengan penetapan Tahun 2024 sebagai “Tahun Jelajah Indikasi Geografis 2024” oleh Menteri Hukum dan HAM, dengan tujuan memajukan kekayaan intelektual di tingkat lokal.

Sukarni Dunip M.Si, Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan, menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai dorongan untuk menggali dan mempromosikan potensi Indikasi Geografis yang dimiliki wilayah tersebut. Berbagai sektor seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), seni dan kerajinan, termasuk batik, serta para wartawan lokal dari perguruan tinggi dan sekolah menengah di Kabupaten Bengkulu Selatan didorong untuk mengajukan registrasi Indikasi Geografis.

Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) menjadi fokus penting dalam konteks ini. HAKI merupakan instrumen hukum yang memberikan perlindungan atas hasil karya manusia serta mendorong inovasi dan kreativitas. Pemerintah daerah menekankan perlunya pengaturan HAKI untuk melindungi kekayaan intelektual secara individu maupun kolektif.

Langkah ini dianggap krusial dalam menjaga dan memanfaatkan kekayaan intelektual lokal sebagai aset strategis daerah. Dengan adanya upaya perlindungan yang kuat, diharapkan potensi yang ada dapat tumbuh dan menjadi ikon daerah yang berkelanjutan.

Dengan demikian, Bengkulu Selatan menegaskan komitmennya untuk memajukan kekayaan intelektual daerah sebagai bagian integral dari strategi pembangunan ekonomi dan sosial di tingkat lokal.

pewarta ;Mursalin

Editor ‘Sri Rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.