Bupati Lebong Serahkan Bantuan Sosial Rehabilitasi Sarana dan Prasarana Korban Pasca Banjir Kabupaten Lebong.

0

LEBONG, sinarfakta.com- Penyerahan bantuan diserahkan di aula Setda kabupaten Lebong pada hari senin (3-6-2024) pagi.

Bupati Lebong Kopli Ansori, dalam pidatonya menyampaikan, beberapa bulan yang lalu tepatnya pada hari senin tanggal 15 April 2024 sebanyak 8 Kecamatan di kabupaten Lebong dilanda banjir. Musibah berupa banjir bandang telah memporak-porandakan desa desa yang berada di sepanjang daerah aliran sungai ketahun

Responsif dan upaya yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah kabupaten Lebong dan dibantu stekholder di kabupaten Lebong menjamin pelaksanaan dalam menghadapi bencana banjir bandang dan tanah longsor selanjutnya cepat ditanggap dan diatasi.

Berdasarkan Undang-undang RI dan tentang penanggulangan bencana dan Peraturan Pemerintah tentang penanggulangan bencana serta Peraturan Pemerintah tentang pendanaan dan pengelolaan bantuan bencana, maka Pemerintah daerah melalui keputusan Bupati Lebong nomor 179 tahun 2024 mengeluarkan dan menetapkan status keadaan darurat bencana banjir dan tanah longsor di kabupaten Lebong, yang ditetapkan selama 14 hari terhitung tanggal 17 April sampai 30 April 2024.

Dengan diberlakukannya Surat Keputusan ini maka fokus penanganan dan penanggulangan korban banjir dilaksanakan sesuai dengan ketentuan

Perundang-undangan yang berlaku yakni masa panik, masa pasca bencana dan masa rekonstruksi terhadap bencana tersebut.

Dalam menghadapi bencana banjir bandang dan tanah longsor di kabupaten Lebong saat itu Pemerintah Kabupaten Lebong tidaklah sendiri, keikutsertaan stakeholder dinas, badan,, instansi baik Pemerintah daerah maupun Partikal dan dibantu oleh seluruh elemen masyarakat yang menunjukkan bahwa tingkat kepedulian sangat tinggi. Hal tersebut ditandai dengan bergeraknya seluruh elemen masyarakat yang bahu membahu membantu saat mulai maupun setelah terjadi musibah banjir.

Pada kesempatan itu juga Bupati Lebong menyampaikan rasa dan ungkapan terimakasih dan penghargaan dan sedalam-dalamnya kepada Pemerintah daerah tetangga kelompok, BUMN, Ormas/Parpol/IDM, lembaga pendidikan dan kelompok swasta lainnya serta kelompok perorangan/pribadi baik yang ada dalam kabupaten Lebong sendiri khususnya dari luar kabupaten Lebong yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur, Kabupaten Kepahyang, Kabupaten muko-muko, Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Madya Bengkulu, yang telah memberikan bantuan (Donasi) berupa sejumlah logistik atau bahan-bahan keperluan darurat diantaranya bahan pokok, sandang, bahan kebersihan badan, peralatan sekolah, sayur mayur, kebutuhan bayi, anak anak dan lainnya yang datang dari berbagai elemen masyarakat kabupaten tetangga yang dimaksud.

Selanjutnya ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Kota Madya Kota Bengkulu dan Kementerian Sosial RI melalui Sentra Alyatama Jambi yang telah membantu bahan-bahan logistik pasca bencana.

Disamping donasi berbentuk bahan logistik posko bencana banjir dan tanah longsor kabupaten Lebong juga menerima bantuan berupa sumbangan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 98.000.000 yang bersumber dari 13 donatur.

Diakhir pidatonya Bupati Lebong Kopli Ansori tegaskan saat bantuan telah disalurkan kepada keluarga penerima, rumah harus direhabilitasi.

Harapannya Bupati Lebong, semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, semoga masyarakat Lebong bahagia dan sejahtera. Pungkasnya.

Pewarta : Indra gunawan

Editor : Sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.