Langkah Berani: Bengkulu Siap Bersuara untuk Hak Penyandang Disabilitas

0

Bengkulu,Sinarfakta.com- Sebuah gerakan besar-besaran sedang bergulir di Provinsi Bengkulu, yang bisa menjadi tonggak sejarah bagi hak-hak penyandang disabilitas. Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Bengkulu telah mengambil langkah berani dengan mendorong Peraturan Daerah (Perda) yang akan memastikan pemenuhan, penghormatan, dan perlindungan hak-hak mereka 2 Mei 2024

Dalam sebuah konferensi pers yang digelar di hotel Mercure Bengkulu, Liana Lestari, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HWDI Bengkulu, memberikan suara lantang untuk menyuarakan hak-hak para penyandang disabilitas. “Kami meminta agar anggota DPRD Provinsi Bengkulu bisa melindungi kawan-kawan penyandang disabilitas ini,” ujarnya dengan penuh semangat.

Pertarungan ini tidaklah mudah. Hendarman, seorang perwakilan penyandang disabilitas, mengungkapkan tantangan yang masih dihadapi oleh komunitas mereka. “Di kantor-kantor pemerintah, masih banyak belum terpenuhinya fasilitas bagi penyandang disabilitas. Bahkan di bank-bank, baik milik pemerintah maupun swasta, belum ada fasilitas yang memadai,” ungkap Hendarman dengan nada prihatin.

Namun, semangat tak tergoyahkan terus membara. Dengan populasi penyandang disabilitas sekitar 5 ribu jiwa di Provinsi Bengkulu, momentum ini semakin mendesak. “Kita semua sadar bahwa disabilitas bisa menimpa siapa saja. Saya sendiri dulu sehat secara fisik, namun sebuah kecelakaan telah mengubah segalanya,” ujar Liana dengan penuh inspirasi.

Melalui langkah-langkah berani ini, Bengkulu menunjukkan komitmennya untuk menjadikan setiap warganya merasa dihargai dan diakui hak-haknya. Diharapkan, dengan disahkannya Perda ini, akan terbuka jalan menuju masa depan yang lebih inklusif dan bermartabat bagi semua.

Pewarta : izwandi

Editing ; Sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.