Pemetaan Batas Administrasi Kabupaten Seluma: Langkah Strategis Menuju Keteraturan Wilayah

0

Seluma Sinarfakta.com- Kabupaten Seluma mengukuhkan langkah-langkah konkret untuk memperjelas batas administratif antar kecamatan dengan rencana pemasangan tapal batas. Dalam kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Seluma dan Pomdam Sriwijaya II Sumatera Selatan, agenda Sosialisasi Pelacakan, Penentuan Posisi, dan Pemasangan Tapal Batas digelorakan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma, H. Hadianto, SE, MM, M.Si, bersama dengan Asisten Pemerintahan dan Kesra, H. Hendarsyah, S.I.P, MT, turut memimpin upaya sosialisasi ini. Wilayah-wilayah seperti Kecamatan Sukaraja, Seluma, dan Talo kini telah merasakan manfaatnya dengan batas administratif yang jelas.

Meskipun progres telah terlihat, masih ada sembilan kecamatan lain di Kabupaten Seluma yang perlu dilengkapi dengan fasilitas serupa. Namun, Sekda Hadianto memastikan bahwa langkah-langkah ini akan dilanjutkan secara bertahap, sebagai bagian dari upaya untuk mencapai keteraturan wilayah yang optimal.

“Pemasangan tapal batas ini adalah langkah strategis bagi Kabupaten Seluma untuk memastikan kejelasan dan keteraturan wilayah administratif. Kerja sama dengan Pomdam II Sriwijaya telah membawa hasil yang memuaskan, dan kami bertekad untuk melanjutkan langkah ini ke depannya,” ujar Sekda.

Pemasangan tapal batas bukan hanya tentang menandai wilayah, tetapi juga tentang memastikan perencanaan dan pengelolaan wilayah yang efektif. Dengan adanya batas administratif yang jelas, pemisahan antar-kecamatan dapat dilakukan dengan lebih efisien, menghindari potensi konflik terkait administrasi wilayah.

Pentingnya partisipasi dari tingkat desa dalam proses ini juga ditekankan oleh Sekda, dengan mengajak masyarakat untuk mengusulkan lokasi pemasangan tapal batas kepada pihak berwenang. Upaya bersama ini diharapkan dapat mengarah pada wilayah administratif yang lebih teratur dan memastikan keadilan bagi seluruh komunitas di Kabupaten Seluma.

 

Pewarta : Mursalin

Editing : Sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.