Rapat Paripurna DPRD Lebong, Penyampaian Nota Pengantar Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Lebong Tahun Anggaran 2023.

0

LEBONG, sinarfakta.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong melaksanakan rapat paripurna Penyampaian Nota pengantar Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Lebong Tahun anggaran (Ta) 2023.

rapat paripurna DPRD Lebong dilaksanakan di gedung paripurna DPRD Kabupaten Lebong pada hari senin (3-6-2024).

Nota pengantar disampaikan oleh Bupati Lebong Kopli Ansori, dalam pidatonya Bupati Lebong sampaikan bahwa dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan sesuai dengan Amanat Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945, Pemerintah daerah diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan Pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan, diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Untuk terwujudnya tujuan Pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat, diperlukan perangkat aturan aturan sebagai landasan hukum dan Pedoman bagi masyarakat serta Aparatur dalam pelaksanaannya, Peraturan daerah tentunya adalah sebagai jawaban yang tepat guna mendukung kelancaran tugas Pemerintahan.

Penyampaian laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023 ini merupakan salah satu kewajiban konstitusional sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 71 tahun 2010 tentang standar Akuntansi Pemerintahan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 64 tahun 2013 tentang Penerapan standar Akuntansi Pemerintahan berbasis Aktual pada Pemerintah Daerah.

Raperda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023 telah di Audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Bengkulu. Alhamdulillah Pemerintah daerah Kabupaten Lebong sudah delapan (8) kali berturut-turut memperoleh standar capaian tertinggi dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemerintah daerah tahun 2023.

Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023 yang kami sampaikan ke hadapan rapat Paripurna Dewan yang terhormat ini, merupakan pertanggungjawaban kami di bidang pengelolaan keuangan Daerah tahun 2023.

Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023 tidak semuanya dapat terlaksana sesuai dengan rencana semula, hal ini dapat dilihat dari angka angka realisasi anggaran yang tertuang dalam buku laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang telah kami sampaikan kepada Dewan yang terhormat. Secara garis besar berikut ini akan kami sampaikan berturut-turut penjelasan pelaksanaan Anggaran Pendapatan, Anggaran Belanja dan pembiayaan.

Acara dihadiri oleh Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen, Bupati Lebong Kopli Ansori, Anggota DPRD Lebong, Unsur Forkopimda Lebong.

Pewarta; indra gunawan

editing ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.