SMK Agribisnis Bengkulu: Membangun Harapan dari Tanah, Pendidikan yang Membuka Peluang

0

Bengkulu sinarfakta.com- SMK Agribisnis Bengkulu, sebuah proyek ambisius yang diprakarsai oleh Dr. Ir. Hermen Malik, M. Sc, telah menjadi pusat perhatian di Sebakul Bengkulu. Visinya yang kuat untuk memutus rantai kemiskinan dengan pendidikan yang terampil telah menginspirasi banyak orang di Provinsi Bengkulu.

Sejak dibuka pada tanggal 18 Juni 2019, sekolah ini telah menjadi tempat bersekolah gratis bagi 40 siswa-siswi dari keluarga kurang mampu di berbagai Kabupaten di Provinsi Bengkulu. Hermen Malik, dengan tekad yang kuat, menjelaskan, “Kami ingin siswa-siswi di sini menjadi patah rantai kemiskinan di keluarga mereka. Oleh karena itu, kami sangat fokus pada pendidikan yang lebih praktis dan bermanfaat.”

SMK Agribisnis ini bukan hanya sekadar tempat belajar. Dengan pembelajaran yang menekankan 70% praktek lapangan, para siswa-siswi memiliki kesempatan langung untuk merasakan dunia industri pertanian. “Kami ingin lulusan kami siap bersaing di masyarakat dan mampu memanfaatkan potensi desa mereka dengan baik,” tambah Hermen.

Fasilitas yang disediakan di sekolah ini sangat lengkap. Mulai dari budidaya sayuran hingga pemeliharaan ayam dan ikan, siswa-siswi diberi pengalaman langsung yang sangat berharga. Bahkan, hasil panen dari praktik tersebut dijual di gerai sekolah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para siswa.

Namun, pendidikan di SMK Agribisnis tidak hanya sebatas praktik lapangan. Para siswa-siswi juga diajarkan tentang pengemasan produk yang sesuai standar, yang diharapkan akan meningkatkan minat konsumen dan memberikan nilai tambah ekonomi yang tinggi pada produk mereka.

Pentingnya peningkatan soft skill dan keterampilan juga menjadi fokus di sekolah ini. Hermen Malik, bersama mitra-mitranya, telah merancang program pengabdian yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di antara para siswa-siswi. Dengan demikian, SMK Agribisnis Bengkulu bukan hanya tempat belajar biasa, tetapi juga wadah untuk menyiapkan generasi mendatang menjadi pemimpin yang tangguh dan inovatif.

 

Pewarta ; izwandi

Editing : Sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.