Bengkulu Bersiap Hadapi Idul Adha, Antisipasi Lonjakan Harga

0

 

Bengkulu,Sinarfakta.com Dalam menghadapi perayaan Idul Adha 1445 H yang semakin dekat, Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) telah menggelar rapat koordinasi strategis. Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, bersama dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu.

Rapat tersebut merupakan bagian dari upaya tahunan yang dilakukan oleh pemerintah setempat untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok yang mungkin terjadi di sekitar hari-hari besar keagamaan seperti Idul Adha. Melalui rapat koordinasi ini, pemerintah berharap dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk menjaga stabilitas harga dan mencegah potensi inflasi.

Salah satu fokus utama rapat adalah monitoring secara cermat terhadap harga bahan pokok di pasar-pasar tradisional maupun modern. TPID akan melakukan pemantauan rutin untuk mendeteksi potensi lonjakan harga serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Langkah-langkah preventif juga termasuk koordinasi erat dengan pelaku usaha lokal untuk mencari solusi bersama dalam menjaga harga tetap stabil. Sementara itu, upaya untuk memastikan pasokan bahan pokok yang mencukupi dan efisien juga menjadi perhatian utama, dengan peningkatan distribusi dan antisipasi gangguan pasokan.

Selain itu, edukasi kepada masyarakat juga menjadi fokus penting. Melalui penyuluhan dan kampanye, pemerintah akan mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam pengelolaan keuangan selama periode menjelang Idul Adha.

Dukungan dari Bank Indonesia juga diharapkan dapat memberikan arahan terkait kebijakan moneter yang diterapkan untuk menjaga stabilitas harga dan mengendalikan potensi inflasi.

Dengan upaya lintas sektor yang terkoordinasi dengan baik, diharapkan Bengkulu dapat menghadapi Idul Adha dengan tenang dan meriah, tanpa harus khawatir akan dampak lonjakan harga yang berpotensi mengganggu kesejahteraan masyarakat.

Pewarta;Indra Gunawan

Editing  ;Sri Rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.