Pj Walikota Bengkulu Mengawal Visi Kota Hijau di Bengkulu

0

Bengkulu sinarfakta.com- Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome pada hari Selasa, 4 Juni. Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan tantangan perkotaan serta konsep pembangunan perkotaan yang diharapkan untuk masa depan Indonesia.

Presiden menyoroti pentingnya konsep hijau dalam perkembangan kota-kota di Indonesia. Menurutnya, paradigma kemajuan sebuah kota tidak hanya dilihat dari banyaknya gedung pencakar langit, melainkan juga dari keberlanjutan lingkungan dan kenyamanan bagi warganya.

“Membangun pedestrian juga mesti menyiapkan pohon sebagai peneduh untuk pejalan kaki, sebab kita ini negara tropis yang panas,” ujar Jokowi.

Presiden menegaskan bahwa kehijauan sebuah kota menjadi aspek penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah kota di Indonesia. Konsep kota hijau harus melibatkan aspek ramah pejalan kaki, disabilitas, pesepeda, perempuan, anak, dan lingkungan.

Menyambut arahan Presiden, Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi menyatakan kesiapan Pemkot Bengkulu dalam menjalankan konsep kota hijau. Sudah ada berbagai taman dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di setiap sudut kota Bengkulu yang menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat.

Pj Walikota menegaskan komitmennya untuk menjaga keindahan taman-taman dan jalur hijau di seluruh Kota Bengkulu. Kehijauan ini dianggap penting mengingat Bengkulu sebagai ibukota provinsi dan kota wisata dengan potensi yang menjanjikan.

“Kita perindah kota ini dengan taman-taman yang hijau,” ungkapnya.

Dengan komitmen dari pemerintah pusat hingga daerah, diharapkan konsep kota hijau dapat terwujud dengan baik di seluruh Indonesia, menjadikan kota-kota lebih nyaman, lestari, dan indah bagi seluruh warganya.

 

Pewarta ; izwandi

editing ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.