Pemkot Bengkulu Siap Amankan Kualitas Qurban Pendataan dan Pemeriksaan Hewan Dimulai 12 Juni”

0

Bengkulu sinarfakta.com- Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu telah mengatur jadwal untuk melakukan pendataan serta pemeriksaan terhadap hewan qurban di setiap lokasi pengumpul sapi yang tersebar di Kota Bengkulu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Adriansyah, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. Henny Kusuma Dewi, mengungkapkan bahwa pendataan dan pemeriksaan akan dilaksanakan mulai tanggal 12 hingga 14 Juni mendatang.

“Dalam rangka pendataan dan pemeriksaan hewan qurban, kami akan turun langsung ke setiap kelurahan untuk mengambil data qurban dan melakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban di tempat-tempat pengumpul,” ujar Henny.

Henny menjelaskan bahwa dalam pemeriksaan tersebut, aspek kesehatan hewan qurban akan menjadi fokus utama. Hewan yang akan dijadikan qurban harus memiliki kondisi fisik yang sehat secara keseluruhan, berumur minimal 2 tahun, dan tidak mengalami cacat.

“Kondisi cacat seperti hanya memiliki satu testis atau cacat lainnya akan membuat hewan tersebut tidak memenuhi syarat sebagai qurban. Setelah melalui pemeriksaan, baru akan dikeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang ditandatangani oleh dokter hewan,” jelas Henny.

Henny juga mengimbau kepada masyarakat yang berencana membeli sapi qurban dari luar kota atau luar provinsi untuk memastikan bahwa tempat atau pihak penjual telah memiliki bukti SKKH yang sah dari dokter hewan setempat.

“Langkah ini penting sebagai jaminan bahwa hewan qurban yang dibeli dari luar kota atau provinsi tetap dalam kondisi sehat,” tambahnya.

Selain pendataan dan pemeriksaan, Pemerintah Kota Bengkulu juga telah melaksanakan vaksinasi terhadap hewan qurban untuk mencegah penularan virus jembrana. Vaksinasi dilakukan pada tanggal 28-29 Mei lalu di beberapa kelurahan dengan mendapatkan dukungan 150 dosis vaksin dari pemerintah provinsi.

“Vaksinasi sudah berhasil kami laksanakan di Kelurahan Lingkar Barat, Sidomulyo, dan Betungan,” tutup Henny.

Dengan langkah-langkah ini, Pemkot Bengkulu berkomitmen untuk memastikan bahwa kualitas hewan qurban yang disajikan kepada masyarakat tetap terjaga dengan baik menjelang Hari Raya Idul Adha.

 

Pewarta ; izwandi

editing ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.