Distribusi Pompa Air Bantu Tingkatkan Produksi Pertanian di Bengkulu Selatan

0

Bengkulu Selatan,sinarfakta.com- Sebanyak 84 kelompok tani di Bengkulu Selatan kini dapat bernafas lega dengan distribusi 84 pompa air baru yang tersebar di sebelas kecamatan. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, SE.MM, menyampaikan harapannya bahwa petani tidak lagi bergantung pada air hujan untuk mengairi persawahan mereka. Dengan pompa air ini, proses penanaman tidak akan lagi terganggu oleh musim kemarau, karena petani dapat dengan mudah mencari sumber air. Bahkan, dengan kemudahan ini, diharapkan proses tanam bisa dilakukan hingga tiga kali dalam setahun, meningkatkan jumlah panen secara signifikan.

“Satu unit pompa air dapat mengairi persawahan seluas sepuluh hektar. Dengan pembagian 84 pompa, kami dapat mengairi hingga 840 ribu hektar setiap tahunnya,” ungkap Gusnan di lapangan Dinas Pertanian pada Rabu (05/06/2024).

Selain itu, Letkol Czi Bambang Santoso SH MSDS dari Dandim BS Kaur berharap bahwa bantuan ini akan memungkinkan petani untuk memaksimalkan masa tanam. Dengan program penambahan area penanaman padi sawah dan padi Gogo, mereka berupaya menciptakan swasembada pangan.

“Kami telah menyebar benih padi ke setiap area yang menjadi titik area padi Gogo, dan akan dilakukan bertahap setiap minggunya. Petani di setiap area yang mendapatkan bibit serta pompa air akan segera menanam,” jelas Bambang.

Dengan adanya upaya seperti ini, diharapkan Bengkulu Selatan dapat meningkatkan produksi pertaniannya, mengurangi ketergantungan pada cuaca, serta mengarahkan alih fungsi lahan yang lebih berkelanjutan. Semangat kolaborasi antara pemerintah daerah, petani, dan institusi terkait menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan ini.

 

pewarta ; mursalin

editing ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.