Keamanan Pangan Penting untuk Pertumbuhan Anak, Menurut Ketua IDAI

0

Bengkulu sinarfakta.com- Dalam sebuah diskusi daring yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ketua Pengurus Pusat IDAI, dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A (K), menegaskan pentingnya keamanan pangan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak. Piprim mengungkapkan bahwa keamanan pangan merupakan faktor krusial yang harus diperhatikan, karena makanan yang tercemar oleh kuman atau bakteri dapat menyebabkan masalah kesehatan serius pada anak.

“Pentingnya faktor keamanan pangan menjadi salah satu aspek yang tak boleh diabaikan dalam memastikan tumbuh kembang anak,” ujar Piprim dalam diskusi tersebut.

Dia menyoroti bahwa risiko paparan bakteri dalam makanan dapat berasal dari berbagai tahapan, mulai dari proses produksi hingga penyajian. Oleh karena itu, setiap tahapan proses produksi makanan perlu dipastikan telah memenuhi standar keamanan pangan yang ketat.

IDAI juga mencatat bahwa jutaan anak di seluruh dunia meninggal setiap tahunnya akibat penyakit diare yang berkaitan erat dengan makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Oleh karena itu, proses memasak, penyimpanan, dan penyajian makanan perlu dilakukan dengan hati-hati dan tepat.

Selain aspek keamanan pangan, Piprim juga menekankan pentingnya memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi dalam makanan yang diberikan kepada anak-anak. Dia menyoroti masalah epidemi obesitas global dan penyakit diabetes pada anak-anak, yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat.

“Dalam memilih makanan untuk anak-anak, orang tua harus memperhatikan tidak hanya kebersihan dan keamanan makanan, tetapi juga kandungan gizi dan nutrisinya,” tambahnya.

Dr. Moretta Damayanti, Sp.A (K), M.Kes, anggota Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI, juga memberikan tips terkait penyimpanan makanan yang tepat. Dia menekankan pentingnya menggunakan bahan-bahan yang aman dan menyimpan makanan pada suhu yang tepat untuk menghindari kontaminasi dan risiko keracunan.

Dalam keseluruhan diskusi, IDAI menegaskan pentingnya kesadaran dan perhatian terhadap keamanan pangan serta nutrisi dalam upaya memastikan anak-anak tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

 

pewarta ; izwandi

editing ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.