Keharmonisan dalam Pembahasan Raperda: Penundaan Agenda Rapat Paripurna di Bengkulu

0

Bengkulu sinarfakta.com- Rapat Paripurna yang digelar dalam rangka Masa Persidangan ke-II Tahun Sidang 2024 di Provinsi Bengkulu pada hari Jumat (7/6) menghadapi momen menarik. Agenda penting untuk menyampaikan Nota Penjelasan Gubernur atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bengkulu Tahun 2023 (sisa perhitungan) harus ditunda.

Kejadian menarik ini terjadi karena mekanisme dan aturan tata tertib yang berlaku di DPRD Provinsi Bengkulu mengharuskan Gubernur secara langsung menyampaikan Nota Penjelasan atas Raperda tersebut. Sebagai hasilnya, Asisten III Setda Provinsi Bengkulu, H. Nandar Munadi, Msi yang sebelumnya dijadwalkan untuk menyampaikan nota penjelasan tersebut harus menunda presentasinya.

Meskipun mengejutkan, penundaan ini menunjukkan koordinasi yang rapi antara eksekutif dan legislatif dalam menjalankan proses pembahasan undang-undang di Provinsi Bengkulu. Dengan tetap mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan, penundaan ini mendorong upaya bersama dalam memastikan kepatuhan terhadap prosedur hukum yang berlaku, sekaligus memperkuat proses demokrasi di tingkat daerah.

pewarta ; izwandi

editing ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.