“Pemantauan Hilal: Kemungkinan Idul Adha Serentak di Bengkulu”

0

 

Bengkulu, Sinarfakta.com- Dalam suasana yang penuh khusyuk, pemantauan hilal untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah 1445 H digelar di Mess Pemda Bengkulu. Hadir dalam acara tersebut adalah Asisten I Pemerintah Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar, yang didampingi oleh Kabag Tata Usaha Kementerian Agama Perwakilan Bengkulu, Ajamalus 7 Juni 1445 H.

Dalam keterangannya, Asisten I Khairil Anwar menjelaskan bahwa berdasarkan pemantauan hilal yang dilakukan di beberapa daerah, kemungkinan Idul Adha 1445 H akan dirayakan secara serentak di tahun ini. Meskipun demikian, perbedaan metode pemantauan dan kondisi cuaca dapat menyebabkan variasi dalam hasil pemantauan.

“Meskipun Bengkulu tertutup awan pada saat pemantauan, laporan dari daerah timur dan Aceh menunjukkan bahwa hilal sudah terlihat. Menurut dua organisasi besar Islam di Indonesia, NU dan Muhammadiyah, kemungkinan tanggal 10 Dzulhijjah akan sama,” jelas Khairil.

Kabag Tata Usaha Kementerian Agama Perwakilan Bengkulu, Ajamalus, menambahkan bahwa tinggi hilal yang teramati di Provinsi Bengkulu saat ini adalah 9 derajat 14 menit.

Hasil pemantauan hilal ini akan dilaporkan kepada Kementerian Agama RI untuk dilakukan Sidang Isbat pada malam ini. “Hari ini kita berkumpul untuk menetapkan awal bulan Dzulhijjah 1445 H. Semoga hasilnya dapat menciptakan keseragaman pelaksanaan Idul Adha di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Ajamalus.

Dalam mengakhiri keterangannya, Ajamalus mengajak masyarakat Bengkulu untuk menjaga kedamaian dan kebersamaan dalam menyambut bulan Dzulhijjah 1445 H. Semoga kesatuan dan saling menghargai akan terus terjaga dalam peewarta;rayaan Idul Adha yang akan datang.

pewarta ;Indra G unawan

Editing Sri Rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.