Pemdes Tambang Saweak Sosialisasikan Pemuktahiran Data Indeks Desa Membangun.

0

LEBONG, sinarfakta.com- Dalam rangka pelaksanaan Peraturan menteri Desa PDTT nomor 02 tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM) dan peraturan menteri Desa PDTT nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, Pemerintah desa Tambang Saweak, Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong melaksanakan Sosialisasi Pemuktahiran Data IDM.

Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan di kantor desa Tambang Saweak pada hari Kamis (6-6-2024) siang.

Kepala desa Tambang Saweak,Zulkarnain dalam sambutannya menyampaukan, tujuan dari kegiatan ini adalah bertujuan untuk pembangunan berkelanjutan di desa Tambang Saweak.

 

Kemudian Kades melanjutkan untuk tujuan dari pembangunan berkelanjutan ada 17 tujuan global dengan 169 capaian yang terukur dan yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda Dunia, pembangunan untuk perdamaian dan kemakmuran manusia dan Planet Bumi sekarang dan masa depan dengan data yang telah di upload di IDM desa Tambang Saweak.

Dilanjutkan oleh kades Tambang Saweak, Sosialisasi ini juga bertujuan untuk menghapus tingkat kemiskinan di Desa Tambang Saweak.

Data IDM ini juga digunakan sebagai acuan perencanaan pembangunan desa dan perdesaan bagi kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan pemangku kepentingan lainnya. Tutupnya

Diakhir acara sosialisasi Pemuktahiran data IDM desa Tambang Saweak dilaksanakan penandatanganan desa maju oleh Kepala Desa, BPD, Pendamping Desa dan Camat Pinang Belapis.

Acara dihadiri oleh Camat Pinang Belapis Yesik Peres, Kasi PMD Kecamatan Pinang Belapis, Babinsa, Pendamping desa, Pendamping Lokal desa, BPD Tambang Saweak, Perangkat desa dan Perwakilan dari masyarakat desa Tambang Saweak.

pewarta ; indra gunawan

editor ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.