Pembangunan Danau Dendam Tak Sudah Bergeser, Gubernur Rohidin: Wisata Edukasi Ramah Lingkungan Menjadi Prioritas

0

Bengkulu, Sinarfakta.com – Melalui sebuah Forum Group Discussion (FGD) I yang digelar di Veranda Hotel Pakubuwono, Kebayoran Baru, Jakarta, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, mengumumkan pergeseran fokus pembangunan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS). Dari rencana awalnya sebagai objek wisata biasa, kini DDTS akan dikembangkan menjadi sebuah Taman Wisata Edukasi Alam yang ramah lingkungan.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan dan pihak terkait, Gubernur Rohidin menjelaskan bahwa rencana pengembangan DDTS ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman wisata yang berbeda, sarat dengan edukasi eksklusif serta mengedepankan story telling budaya Bengkulu. “Kami ingin DDTS bukan hanya menjadi destinasi liburan, tetapi juga menjadi tempat yang memperkaya pengetahuan dan kesadaran akan keberagaman alam serta budaya lokal,” ujarnya.

Menurut rencana yang diungkapkan, DDTS akan memiliki beragam fasilitas wisata, termasuk wisata dayung yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan danau dengan menggunakan fasilitas jetty. Selain itu, akan dibangun amphitheater untuk menunjang berbagai acara besar, baik event regional maupun nasional, guna menggerakkan ekonomi daerah.

Salah satu titik penting dalam desain DDTS adalah rencana untuk membangun tulisan besar “Danau Dendam Tak Sudah” yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, serta menampilkan view Bunga Rafflesia yang besar jika dilihat dari atas. “Kami ingin menciptakan landmark yang kuat untuk DDTS, sehingga dapat menjadi ikon baru yang memperkaya panorama pariwisata Bengkulu,” tambah Gubernur Rohidin.

Selain itu, pengembangan DDTS juga akan mengakomodir UMKM lokal yang menyediakan beragam produk dan makanan khas daerah, serta menampilkan biota endemik seperti Anggrek Pensil dan Kantong Semar sebagai daya tarik tambahan bagi para pengunjung.

Pembangunan ini mengikuti selesainya pembangunan jembatan elevated DDTS pada akhir tahun 2023 lalu yang telah diresmikan. Diharapkan, dengan transformasi menjadi Taman Wisata Edukasi Alam, DDTS dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang lebih besar bagi masyarakat Bengkulu, sambil tetap menjaga kelestarian alam dan budaya lokal.

Pewarta ;Indra Gunawan

Editing  ;Sri Rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.