Seleksi Beasiswa Pentaru Kabupaten Kaur: Persiapan Ketat Menuju Generasi Unggul Bidang Perikanan

0

 

Kaur,Sinarfakta.com – Kabupaten Kaur kembali menjadi sorotan dengan agenda penting dalam pembangunan sumber daya manusia di bidang perikanan. Pada Jumat (07/06/2024), berlangsung rapat strategis yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur, Bapak Drs. Ersan Syafiri M.M. Kehadiran juga diwarnai oleh sejumlah pejabat terkait, termasuk Kepala Dinas Perikanan, perwakilan Bappeda, BPKAD, serta Dinas Kesehatan dan RSUD Kaur.

Rapat tersebut merupakan bagian dari seleksi tahap kedua Beasiswa Pentaru, yang menjadi magnet bagi generasi muda Kabupaten Kaur untuk meraih pendidikan tinggi di bidang perikanan. Dengan jumlah pendaftar yang melonjak dari 41 orang tahun sebelumnya menjadi 115 orang pada tahun ini, tahapan seleksi pun menjadi semakin ketat dan berkualitas.

Dalam diskusi yang digelar di ruang kerja Sekretaris Daerah, berbagai aspek penting dibahas. Mulai dari proses seleksi yang mencakup tes kesehatan, tes fisik, hingga tes wawancara, hingga persoalan terkait personil dan pendanaan. Meskipun demikian, semangat untuk mencari bibit-bibit unggul di bidang perikanan tetap tinggi.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa seleksi ini berjalan dengan lancar dan adil bagi semua peserta. Generasi penerus di bidang perikanan haruslah yang terbaik dari yang terbaik,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur.

Salah satu poin yang menarik dalam rapat tersebut adalah perhatian khusus terhadap aspek kesehatan para calon penerima beasiswa. Panitia seleksi diminta untuk memeriksa dengan teliti semua riwayat penyakit dan ketangkasan peserta, dengan harapan bahwa mereka yang terpilih tidak hanya pintar secara akademis, tetapi juga memiliki kondisi kesehatan yang prima.

Tes fisik juga menjadi fokus utama, dengan keterlibatan pihak-pihak terkait seperti TNI. Lapangan Sekunyit akan menjadi saksi dari ketangguhan dan keuletan para calon penerima beasiswa. Tes wawancara yang akan dilakukan secara daring juga diharapkan dapat menggali potensi dan motivasi para peserta dengan lebih mendalam.

Terkait pendanaan, Sekretaris Daerah menegaskan bahwa segala persiapan harus segera diajukan untuk menjamin kelancaran seleksi. “Kami tak ingin kendala pendanaan menjadi hambatan bagi para generasi muda yang berpotensi,” tegasnya.

Dengan komitmen yang kuat dan persiapan yang matang, seleksi tahap kedua Beasiswa Pentaru di Kabupaten Kaur menjadi momentum penting dalam mencetak generasi unggul yang siap bersaing dalam mengembangkan sektor perikanan di masa depan.

Pewarta  ;Mursalin

Editing  ; Sri Rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.