Drone Melangkah Maju: Memetakan Bencana Gunungapi dengan Teknologi Terbaru

0

Bengkulu sinarfakta.com- Dalam upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan pemahaman masyarakat terhadap bahaya bencana alam, Tim Pemetaan BNPB telah melangkah maju dengan mengadopsi teknologi terbaru dalam bentuk pesawat nirawak atau drone. Melalui serangkaian misi pemetaan yang canggih, mereka telah berhasil menghadirkan gambaran visual yang mengesankan tentang risiko dan potensi bencana sekunder erupsi Gunungapi Ibu, yang saat ini berada pada level IV atau “Awas”.

Dari udara, drone tersebut telah merekam gambaran yang jelas tentang wilayah rawan bencana, termasuk aliran sungai yang berhulu di lereng puncak gunungapi. Hasil pemetaan yang disajikan dengan ukuran besar dan detail tinggi telah dipasang di pos pengungsian serta dibagikan melalui perangkat komputer, memungkinkan masyarakat untuk melihat dengan jelas kondisi geografis dan topografi di sekitar permukiman mereka.

Namun, upaya tim pemetaan BNPB tidak berhenti hanya pada penyajian informasi. Mereka juga aktif berinteraksi dengan masyarakat, memberikan pemahaman mendalam tentang potensi risiko bencana serta langkah-langkah mitigasi yang dapat diambil. Lebih dari sekadar memberikan informasi, tim tersebut telah memberikan pelajaran yang berharga tentang keselamatan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam.

Tidak hanya itu, melalui kerjasama dengan berbagai lembaga terkait seperti PVMBG, BWS, BPBD, dan Kodim, tim BNPB telah merancang rencana kontijensi yang komprehensif untuk menghadapi potensi bencana sekunder tersebut. Dengan menggunakan data pemetaan sebagai dasar, mereka telah mengembangkan strategi penanganan jangka panjang serta tindakan tanggap darurat yang efektif.

Dengan pendekatan yang inovatif dan proaktif ini, Tim Pemetaan BNPB telah berhasil tidak hanya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ancaman bencana, tetapi juga membantu mempersiapkan mereka untuk menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi di masa depan. Ini adalah contoh nyata bagaimana teknologi dapat digunakan untuk kebaikan bersama dalam membangun masyarakat yang lebih tangguh dan responsif terhadap bencana  alam.

pewarta; izwandi

editor ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.