DKPP Kota Bengkulu Pastikan Stok Hewan Kurban Aman dan Sehat Jelang Iduladha

0

Bengkulu,sinarfakta.com- Dalam menyambut Iduladha yang semakin dekat, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bengkulu memastikan bahwa stok hewan ternak mengalami peningkatan yang signifikan. Meskipun stok lokal masih kurang, DKPP aktif mendorong pemenuhan stok hewan kurban dari kabupaten tetangga.

“Kami terus berupaya untuk memastikan ketersediaan stok hewan kurban yang memadai, termasuk dengan menggandeng kabupaten tetangga,” ungkap Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Drh. Henny Kusuma Dewi.

Dalam upaya memberikan kepastian kepada masyarakat yang akan membeli hewan kurban, DKPP secara intensif melakukan pengecekan kesehatan hewan sapi. “Pendataan dan pemeriksaan sudah diagendakan mulai tanggal 12 hingga 14 Juni mendatang,” tambahnya.

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh, dimulai dari kondisi fisik hewan kurban yang harus sehat secara keseluruhan, memiliki usia minimal 2 tahun, dan bebas dari cacat. “Setelah pemeriksaan, dikeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan yang ditandatangani oleh dokter hewan sebagai jaminan kesehatan hewan kurban,” jelas Henny.

DKPP juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang ingin membeli sapi kurban dari luar kota atau provinsi untuk memastikan bahwa penjual hewan tersebut memiliki bukti SKKH yang dikeluarkan oleh dokter hewan setempat.

“Kami juga telah melaksanakan vaksinasi hewan kurban untuk mencegah penyebaran virus jembrana. Kami mendapatkan 150 dosis vaksinasi dari provinsi yang telah kami laksanakan pada tanggal 28-29 Mei lalu,” pungkas Henny dengan keyakinan.

Dengan langkah-langkah ini, DKPP Kota Bengkulu berkomitmen untuk memastikan ketersediaan dan kesehatan hewan kurban demi menjaga keamanan konsumen dalam menyambut perayaan Iduladha.

Pewarta ; izwandi

editor ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.