Dr. Tan Shot Yen: Orang Tua Harus Paham Gizi Seimbang untuk Cegah Stunting pada Anak

0

Bengkulu sinarfakta.com – Stunting pada anak-anak Indonesia masih menjadi perhatian serius. Salah satu penyebabnya, menurut Dr. dr. Tan Shot Yen, seorang ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), adalah kurangnya pemahaman orang tua tentang pentingnya gizi seimbang.

“Masyarakat kita masih kurang paham soal gizi. Orang tua sering kali hanya fokus pada membuat anak kenyang tanpa memperhatikan nutrisi yang tepat,” ungkap Dr. Tan.

Untuk mengatasi hal ini, Dr. Tan menyarankan agar orang tua mulai memperhatikan asupan gizi sejak anak masih dalam kandungan. “Gizi ibu hamil sangat penting karena berpengaruh pada tumbuh kembang anak,” tambahnya.

Selain itu, Dr. Tan juga menggarisbawahi pentingnya pemberian ASI secara eksklusif kepada bayi baru lahir. Namun, ia menyoroti bahwa kampanye ASI eksklusif masih kurang terdengar dibandingkan iklan susu formula.

Agar pola makan anak tetap seimbang, Dr. Tan memberikan tips sederhana. “Setengah bagian piring untuk sayur dan buah, setengahnya lagi untuk karbohidrat, dan sisanya untuk lauk yang mengandung protein hewani,” jelasnya.

Dengan pemahaman yang tepat tentang gizi seimbang, diharapkan dapat membantu mengurangi angka stunting pada anak-anak Indonesia.

pewarta ; mursalin

editor ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.