Pj Walikota Bengkulu Mendorong Puskesmas Menuju Status BLUD

0

Bengkulu sinarfakta.com- Senin (10/6/24), Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, bersama Plt Kadis Dinkes Joni Haryadi dan sekretarisnya, mengumpulkan seluruh Kepala Puskesmas dan Kepala TU di ruang aula dinas kesehatan Kota Bengkulu. Dalam pertemuan tersebut, Arif meminta mereka untuk menyelesaikan lima dokumen sebagai syarat untuk menjadikan Puskesmas sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Arif menyaksikan penandatanganan surat pernyataan kesanggupan oleh kepala puskesmas untuk menyelesaikan empat dari lima dokumen persyaratan PPK BLUD puskesmas, yaitu dokumen RSB, dokumen SPM, dokumen pola tata kelola puskesmas, dan dokumen laporan keuangan paling lambat 30 hari kerja.

“Saya minta lima dokumen itu selesai dalam waktu satu bulan dan sudah sampai ke tim penilai. Kepala puskesmas dan KTU memiliki peran penting dalam penyelesaian dokumen tersebut agar puskesmas dapat menjadi BLUD,” ujar Arif.

Arif menjelaskan bahwa rencana BLUD ini sudah dimulai sejak 2018, namun hingga saat ini belum terbentuk. Oleh karena itu, tahun ini ditargetkan dapat selesai.

Plt Kadis Kesehatan Kota Bengkulu, Joni Haryadi, mengatakan bahwa seluruh kepala puskesmas sudah berkomitmen untuk menyelesaikan lima dokumen persyaratan BLUD. Mereka berharap dengan dukungan dari Pj Walikota, BLUD dapat segera terealisasi.

“Mudah-mudahan dengan kepemimpinan pak walikota, BLUD bisa terealisasi jangan hanya rencana-rencana saja. Makanya kita tadi dikumpulkan di sini untuk sama-sama mendengarkan arahan walikota dan sama-sama berkomitmen untuk menjadikan BLUD ini,” ujar Joni.

pewarta ; izwandi

editor ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.