Mengenal Faktor Risiko Kolesterol Tinggi yang Perlu Diperhatikan

0

Bengkulu sinarfakta.com- Kolesterol tinggi menjadi salah satu perhatian serius dalam kesehatan jantung. Apa saja faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kondisi ini? Berikut ulasannya:

Kolesterol tinggi, juga dikenal sebagai hiperlipidemia atau hiperkolesterolemia, menjadi perhatian karena hubungannya dengan penyakit jantung yang serius. Ketika terlalu banyak lemak dalam darah, terbentuklah plak di pembuluh darah, meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

1. **Kebiasaan makan yang buruk**: Konsumsi makanan tinggi lemak trans, lemak jenuh, gula, dan kolesterol dapat meningkatkan kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat).

2. **Berat badan berlebih**: Obesitas membuat kadar LDL meningkat dan HDL (kolesterol baik) menurun, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

3. **Gaya hidup sedentari**: Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. **Merokok**: Merokok merusak pembuluh darah dan menyebabkan penurunan kadar HDL, meningkatkan risiko pembentukan plak di pembuluh darah.

5. **Diabetes tipe 2**: Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol baik dan peningkatan trigliserida, meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. **Tekanan darah tinggi**: Meskipun tidak langsung menyebabkan kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi seringkali terkait dengan hiperlipidemia.

Memahami faktor-faktor risiko ini membantu untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dan mengelola kesehatan kolesterol dengan lebih baik. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan jantung dan kesejahteraan secara keseluruhan.

pewarta ; izwandi/sumberKompascom

editor ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.