Generasi Z Rentan Diabetes, Ini Penyebabnya

0

Jakarta sinarfakta.com- Berdasarkan laporan terbaru, generasi Z kini menghadapi risiko yang meningkat terkena diabetes, sebuah kondisi kesehatan yang sebelumnya sering dikaitkan dengan kelompok usia yang lebih tua. Lalu, apa sebenarnya penyebab di balik lonjakan kasus diabetes pada generasi muda ini?

Diabetes, sebuah kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah, dahulu sering kali dianggap sebagai “penyakit orang tua”. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, tren tersebut berubah drastis.

Menurut data Federasi Diabetes Internasional (IDF), kasus diabetes kini mulai muncul pada usia yang lebih muda, bahkan pada usia 20 tahun. Sebanyak 537 juta penderita diabetes berusia 20-79 tahun, menunjukkan bahwa diabetes tidak lagi memandang usia sebagai batasan.

Kemudian, apa saja penyebab diabetes pada generasi Z? Berikut rangkuman penyebab utama yang telah ditemukan:

1. Gaya Hidup Tidak Sehat: Banyak generasi Z yang tidak memperhatikan berat badan mereka, meskipun sudah ada banyak program diet yang populer. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko diabetes karena orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki kadar gula darah tinggi.

2. Konsumsi Gula Berlebihan: Minuman seperti es kopi susu dengan tambahan gula aren seringkali menjadi pilihan, terutama saat mengatasi rasa kantuk. Namun, konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes.

3. Polap Makan Tidak Sehat: Junk food yang tinggi gula dan garam menjadi pilihan yang sangat menggoda bagi generasi Z. Namun, konsumsi berlebihan junk food dapat meningkatkan risiko diabetes.

4. Kurangnya Aktivitas Fisik: Aktivitas fisik yang minim juga menjadi faktor risiko diabetes pada generasi Z. Kurangnya gerakan dapat memperlambat metabolisme tubuh dan meningkatkan risiko diabetes.

5. Kebiasaan Begadang: Begadang dapat mengganggu ritme jam biologis tubuh dan menyebabkan perubahan hormon yang dapat mengganggu kerja insulin, meningkatkan risiko diabetes.

Kesimpulannya, sementara semua ini merupakan faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena diabetes, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan menerapkan pola makan seimbang dan aktif secara fisik dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes pada generasi Z

pewarta ; izwandi/sumberCNNindonesia

editor ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.