Mukomuko Peringkat Ke Lima Sepropinsi

0

 

Sinarfakta.com – Kepala Dinas DP,2,KB P3,A Kabupaten Mukomuko Jun Harto S, KM melalui Kabid pengendalian penduduk (Dal Duk ). Agus Setianto menyebutkan bahwa Kabupaten Mukomuko menduduki peringkat ke Lima dari sembilan Kabupaten sepuluh Kota Se Propinsi Bengkulu yang menggunakan alat Kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) Jum’at (4/11/22).

“Sedangkan untuk sosialisasi tentang KB sekarang bukan cukup Dua Anak, melainkan Berencana itu keren. Dalam.artinya jaga jarah minimal 2 Tahun baru punya Adik dan lihat kemampuan ekonomi kita jadi kita semua yang mengatur, itu yang di anjurkan oleh pemerintah pusat yaitu ( BI, K) berencana itu keren.

Sedangkan untuk laporan KB sistem sekarang sudah melalui s’iga dari Tahun 2021 tetapi diterapkan pada Tahun 2022 waktu PKP itu masih jadi pegawai Daerah itu laporannya kesini waktu pakai rekap manual baru laporannya ke Propinsi, tetapi PKP sekarang sistim laporannya di pasilitassi melalui Watset Onlin, untuk balai KB di Kabupaten Mukomuko ada 15 balai yang tersebar di setiap Kecamatan. Kantornya ada prasarana dan sarana, disitu ada sigas jadi etrinya langsung masuk ke sigas, ketika kita minta laporan datanya kita cek di Wetset baru kita don”lot,” kata Agus.

“Untuk usia subur sampai 49 Tahun yang KB di Kabupaten Mukomuko ini sudah sampai 68 persen berarti masih 32 persen lagi yang belum ikut KB.Untuk Petugas Lapangan (PL) menawarkan KB yang berkualitas ada dua jenis jangka pendek dan jangka panjang,untuk jangka pendek suntik atau pakai pil itu mudah drop’ot.

Maka oleh penyuluh KB yang di lapangan menyarankan mengunakan pil KB jangka panjang seperti sepiral en op operasi laki-laki, pasektonik dan n o w untuk perempuan. Tetapi masyarakat Mukomuko lebih banyak memilih Implan jangka panjang 3 sampai 5 Tahun,” terang Agus (Nt 35).

Leave A Reply

Your email address will not be published.