Sapaan Ramah Ka. Kankemenag Asahan Menginspirasi Siswa MIN 5 Asahan

0

Bengkulu, SinarFakta.com, Ka. Kankemenag (Kepala Kantor Kementerian Agama) Kabupaten Asahan Dr. H. Saripuddin Daulay, M. Pd didampingi Kepala MIN 5 Asahan Drs. Hasan Tua Rambe menyapa ramah siswa kelas III MIN 5 Asahan saat selesainya acara monitoring dan evaluasi LPJ dana BOS di MIN 5 Asahan, Kamis (15/02).
Ka. Kankemenag menyapa para siswa tersebut saat berada di ruangan perpustakaan yang terletak pada salah satu ruangan di lantai dua pada MIN 5 Asahan. Beliau juga memperhatikan dengan seksama bagaimana tenaga perpustakaan membimbing dengan sabar dan terampil setiap anak didik untuk membaca buku yang mereka gemari, sehingga masing-masing anak berbeda buku yang mereka baca.

Kedatangan Ka. Kankemenag disambut gembira oleh para siswa, dan mereka juga sebenarnya belum tahu siapa itu Ka. Kankemenag. Yang mereka tahu adalah setiap tamu yang datang ke madrasah harus dihormati dan diberi salam. Dalam situasi yang menyenangkan tersebut, Ka. Kankemenag meminta semua siswa kelas III yang berada di ruang perpustakaan untuk berkumpul karena akan diberi pertanyaan oleh Ka. Kankemenag, dan bagi siapa yang bisa menjawab petanyaan maka akan diberi hadiah langsung.

Siapa yang tahu Rukun Islam ?, tanya Ka. Kankemenag. Salah seorang anak didik perempuan Naya mengacungkan tangan ke atas dan memberikan jawaban yang sangat sempurna atas pertanyaan yang diberikan tersebut. Walaupun jawaban dari Rukun Islam itu tidaklah berurutan namun Ka. Kankemenag Asahan memberikan apresiasi kepada siswa tersebut dengan memberikan hadiah langsung kepadanya berupa lembaran rupiah sebagai uang saku siswa hari ini.

“ Terima kasih ya nak, kamu telah menjawab dengan baik pertanyaan yang saya berikan, semoga ke depan kamu dan semua siswa khususnya di MIN 5 Asahan ini menjadi orang-orang sukses dunia dan akhirat, amiin Ya Rabbal Alamin “, ucap Ka. Ka. Kankemenag Asahan.

Saya pengen jadi seperti Bapak, bolehkah ?, kata anak tersebut tanpa malu-malu, Hal ini membuat Ka. Kankemenag terkesan dan menjawab dengan tegas dan penuh senyum, ” Boleh, boleh saja. Siapa saja boleh menjadi seperti saya kalau sudah besar nanti ya “.

Selanjutnya, Ka. Kankemenag Asahan meminta salah seorang siswa menunjukkan peta Indonesia pada globe yang ada. Dan salah seorang siswa kelas III MIN 5 Asahan yang berperawakan gendut, Fauzan menunjukkan pada Ka. Kankemenag Asahan letak Indonesia pada globe tersebut.

“ Benar, luar biasa “, ucap Ka. Kankemenag Asahan sembari terseyum puas saat Fauzan menunjukkan letak Indonesia dengan benar pada globe tersebut.

Sebelum meninggalkan ruangan perpustakaan, Ka. Kankemenag Asahan menyampaikan bimbingannya kepada para siswa, agar rajinlah membaca buku karena dengan banyak membaca akan menjadi pintar dan kalau sudah menjadi pintar maka akan menjadi sukses kedepannya.

Dalam Islam, membaca adalah hal yang sangat dianjurkan, bahkan perintah membaca merupakan wahyu pertama yang diturunkan oleh Allah Swt kepada Rasulullah Saw. “ Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan “ (QS. Al-Alaq : 1), ucap Ka. Kankemenag Asahan.

Terakhir, Ka. Kankemenag berpesan kepada siswa agar jangan pernah melawan orang tua, kerjakan salat lima waktu dan upayakan setiap hari membaca Alquran. “ Salat lima waktu itu wajib hukumnya, maka jangan pernah ditinggalkan, dan berlakukah baik kepada kedua orang tua serta sayangilah, hormat kepada para guru dan sayang kepada teman “, pungkasnya. (Msyaman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.