Komisi II DPRD Provinsi Studi Tiru ke Depok

0

 

Bengkulu sinarfakta.com- Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu Studi Tiru ke Kantor Samsat Kota Depok pada Rabu (20/3/2024) kemarin.

Mencari formulasi-formulasi ke beberapa daerah di Indonesia yang meningkat pendapatannya setelah adanya Peraturan tentang hak Keuangan Daerah dengan menetapkan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring SH yang ikut dalam Studi Tiru tersebut mengatakan, salah satu hak usaha option yang didapat oleh Provinsi, Kota dan Kabupaten, diantaranya Pajak Alat Berat.

Pemerintah Daerah Provinsi nantinya bisa segera mengidentifikasi berapa alat berat yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Karena di Provinsi Bengkulu banyak tambang batu bara dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di perkebunan yang menggunakan alat berat, kemudian siapa yang memiliki dan menguasai apakah sudah membayar pajak apa belum, ini yang akan kita rekomendasikan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah,” ungkap Usin Sembiring.

Ditambahkan Usin, Komisi II juga ingin mendorong BPKAD sesegera mungkin melakukan pemisahan antara BPKAD dan Badan Pendapatan Daerah. Badan Pendapatan Daerah ini ke depan fokus bagaimana meningkatkan Pendapatan Daerah.

“Kita coba untuk membuat skala prioritas pembentukan Bapenda Provinsi Bengkulu yang semestinya dipisah dari BPKAD sekarang. Bapenda ini akan khusus mencari ruang-ruang dalam berinisiatif dalam mendorong pendapatan daerah.

“Inilah yang dilakukan Komisi II dalam beberapa bulan ini mempelajari dengan melakukan studi tiru ke daerah-daerah yang pendapatannya kecil dan daerah yang pendapatannya besar baik di Kabupaten, Kota dan Provinsi agar rekomendasi kita ke Pemerintah Daerah Komprehensif,” tutup Usin Sembiring. (ADV)sumber;MC)

Leave A Reply

Your email address will not be published.