“Gubernur Rohidin Salurkan Dana Renovasi Rumah Tidak Layak Huni di Kota Bengkulu”

0

 

Bengkulu ,Sinarfakta.com-Dalam sebuah aksi kemanusiaan yang menyentuh, Gubernur Rohidin Mersyah dari Provinsi Bengkulu telah menyalurkan dana renovasi kepada dua keluarga yang tinggal dalam kondisi rumah tidak layak huni. Kejadian ini menjadi bukti konkret dari kepedulian Pemerintah Provinsi Bengkulu terhadap warga yang kurang beruntung.

Pada Selasa (14/5/2024), Gubernur Rohidin bersama timnya mengunjungi dua rumah yang terletak di Jl. Merawan 7 RT. 27 Kelurahan Sawah Lebar Lama, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Rumah pertama dimiliki oleh Sumbara Dewi (64), seorang petugas kebersihan di salah satu sekolah di dekat tempat tinggalnya. Dewi tinggal bersama satu anak dan dua cucunya dalam kondisi rumah yang tidak layak huni.

Rumah kedua milik Kamarudin (70) juga mengalami nasib serupa. Terletak tepat di samping rumah Dewi, rumah Kamarudin juga tidak layak huni, bahkan bagian atapnya bocor dan sering tergenang banjir saat hujan deras karena posisi rumahnya yang berada di tepi saluran irigasi.

Gubernur Rohidin, yang terketuk hatinya melihat kondisi kedua rumah tersebut, langsung mengambil tindakan dengan menyalurkan dana renovasi sebesar Rp 20 juta untuk masing-masing rumah. Dana ini bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bengkulu.

“Saya mendengar kabar tentang kondisi warga ini dari media sosial. Hari ini kita hadir langsung untuk meninjau lokasinya. Kondisinya memang sangat memprihatinkan, terutama saat hujan datang. Sebagai langkah awal, kita berikan dana renovasi ringan dan juga bantuan sembako,” ungkap Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin juga menekankan pentingnya peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Ketua RT/RW setempat dalam membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial di wilayah mereka masing-masing. Dia juga mengajak Dinas Sosial di kabupaten/kota untuk memaksimalkan upaya mereka dalam membantu warga yang kurang beruntung.

Kedua penerima bantuan, Sumbara Dewi dan Kamarudin, merespon dengan haru atas kepedulian yang ditunjukkan oleh Gubernur Rohidin dan timnya. Mereka mengaku tidak menyangka akan mendapatkan bantuan tersebut.

“Suami saya meninggal sembilan tahun lalu. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, saya bekerja sebagai petugas kebersihan. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Bapak Rohidin, karena rumah kami selalu bocor dan terendam banjir saat hujan,” ungkap Dewi dengan nada terharu.

Realisasi renovasi rumah ini akan segera dilaksanakan melalui koordinasi dan pengawasan dari Ketua RT setempat serta instansi terkait lainnya. Aksi ini menjadi bukti nyata bahwa kepedulian dan aksi nyata pemerintah dapat memberikan harapan dan bantuan kepada warga yang membutuhkan.[Adv]

Leave A Reply

Your email address will not be published.