Monev Dana BOS Madrasah 2023, Ka. Kankemenag Asahan Tekankan LPJ Yang Akuntabel Dan Transparan

0

Bengkulu, SinarFakta.com, Kementerian Agama Kabupaten Asahan turun langsung ke madrasah melakukan Monev (Monitoring dan Evaluasi) Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Madrasah Periode Juli s.d Desember 2023. Monev ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan memastikan penyaluran dan penggunaan dana BOS Madrasah Juli s.d Desember 2023 telah sesuai ketentuan yang ada disertai dengan laporan pertanggungjawaban yang lengkap, akurat, transparan dan akuntabel.
Hari ini merupakan hari ketiga monitoring dan evaluasi laporan pertanggungnjawaban dana BOS madrasah. Di sini ada 38 Madrasah, baik itu MIS, MTsS dan MAS. Saya harap tim nonev yang sudah ditugaskan agar bekerja lebih teliti dan lebih cermat dalam mengevaluasi laporan pertanggungjwaban BOS madrasah. Jika ada kekurangan dalam laporan pertanggungjawaban tersebut maka bisa disampaikan dengan baik bagaimana bentuk laporan pertanggungjawaban itu yang benar sesuai aturan.

Hal ini disampaikan Ka. Kankemenag (Kepala Kantor Kementerian Agama) Kabupaten Asahan Dr. H. Saripuddin Daulay, M. Pd saat menyampaikan arahan dan bimbingan kepada 38 Kepala Madrasah dan bendahara masing-masing yang akan dievaluasi laporan pertanggungjawaban dana BOS madrasahnya di MTs Al Washliyah Binjai Serbangan Jalan Protokol Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan, Rabu (31/01).

Ditegaskannya kembali bahwa pemerintah memberikan dana bantuan BOS madrasah dengan tujuan membantu operasional penyelenggaraan madrasah dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan pemenuhan SNP (Standar Nasional Pendidikan) yang menjadi tanggung jawab madrasah serta mendukung biaya operasional penyelenggaraan pada madrasah dalam rangka efektivitas pembelajaran .

Ka. Kankemenag Asahan juga menegaskan tidak akan ada kutipan kepada kepala madrasah terkait dana BOS. “ Bilamana ada oknum melakukan pengutipan dana BOS, apalagi mengatasnamakan Ka.Kankemenag apakah itu oleh Kepala Seksi, pengawas, maupun staf Pendidikan Madrasah maka sampaikan langsung ke saya, saya janji akan langsung memberikan sanksi kepada oknum tersebut “, ucapnya dengan tegas.

Kepada para Kepala Madrasah, saya sangat mengharapkan agar madrasah diperhatikan kebersihan dan keindahannya. Berikan tong sampah di setiap ruang kelas agar anak-anak terbiasa membuang sampah di tong sampah, dan jadikan pekarangan setiap kelas itu indah dengan menanami beberapa tanaman bunga yang dapat menyejukkan mata saat memandangnya. “ Intinya jadikan madrasah itu seperti rumah sendiri yang selalu terlihat rapi dan bersih sehingga nyaman terasa jika sudah berada di dalamnya “, sambung Ka. Kankemenag Asahan Saripuddin.

Di sini, saya tetap mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama Kabupaten Asahan bahwa dalam tahun 2024 ini pesta demokrasi akan terselenggaranya pemilihan umum berlangsung cukup meriah, dimana-mana ada kampanye. Namun saya tetap mengingatkan kepada kita semua untuk bertindak netral, dan jangan lupa memberikan suara saat pemilu berlangsung , pungkasnya (Msyaman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.